Selasa, 20 Januari 2015

L.M.Ericsson "Ned Indie" Desk Telephone Circa 1917

















L.M.Ericsson "Ned Indie" Desk Telephone Circa 1917

Telephone buatan Swedia dengan merk L.M. Ericsson ini perusahaannya berdiri sejak Tahun 1876, memiliki ukuran tinggi 32,5cm, lebar muka 18,5cm dan lebar samping 13cm (lebar muka dan samping diukur dari bagian bawah telephone). Telephone ini mulai diproduksi atau dipatenkan pada 29 Oktober 1895 (lihat gambar diatas pada bagian mouthpiece telephone). 

Kondisi original, fisik masih sangat baik, komponen lengkap, dan telephone berfungsi normal. Box Telephone terbuat dari bahan besi dan kayu pada bagian atasnya, dan masih dalam kondisi baik dan cat originalBox Conector pada telephone terbuat dari bahan besi dan kayu, dan sudah ditambahkan kabel telephone untuk dihubungkan ke jalur Telkom, praktis tinggal siap pakai. 

Telephone seperti ini kemungkinan merupakan pesanan khusus pada masa itu, dimana khusus beredar di Negara Belanda dan di Negara Indonesia atau Ned Indie dijaman Kolonial Belanda. Hal tersebut dapat terlihat pada fisik telephone, dimana bagian permukaan Telephone tampak logo Kerajaan Belanda bertuliskan Je Maintiendrai.

Jenis telephone dengan kondisi seperti ini sangat jarang dijumpai alias tidak terlihat seperti telephone pada umumnya dengan jenis yang serupa, biasanya hanya terdapat tulisan L.M.Ericsson Stocholm. Telephone yang biasa mendapat sebutan Magneto Desk Telephone ini kemungkinan digunakan diperkantoran dan diperumahan, dan telephone ini dahulu juga ada dikantor Gubernur Belanda, mengingat bentuk telephone ini sangat mewah dan klasik.

 
Ruang Kerja Deli Maatschappij di Medan-1908


Berikut adalah salah satu bentuk telephone yang digunakan pada salah satu kantor Gubernur pada jaman Kolonial Belanda pada masa itu :
Ruangan Kerja Gubernur Jenderal di Cipanas Jawa Barat-1921

Jika kita perhatikan gambar diatas pada bagian telephone ada terdapat lambang Kerajaan Belanda yang kurang lebih sama dengan yang saya miliki. Pada masa sekarang telephone dengan model dan terdapat logo seperti ini sudah sangat jarang ditemukan atau bisa dibilang sangat langka, sehingga banyak dicari oleh para kolektor. Terlebih telephone ini merupakan sisa peninggalan jaman Kolonial Belanda yang memiliki nilai sejarah tersendiri.

Berikut sekilas informasi mengenai L.M. Ericsson Company :

Berikut sekilas informasi mengenai Lambang Kerajaan Belanda (Coat of Arms of Netherlands) :



Saya tertarik untuk mengkoleksi telephone ini, karena kondisinya masih lengkap, tergolong langka dan berfungsi sangat baik serta masih original. Terlebih telephone ini memiliki sejarah tersendiri bagi saya dan merupakan peninggalan dijaman Kolonial Belanda yang masih tersisa.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.BS.....thanks a lot...Sir) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar