Senin, 07 September 2015

Telepon Antik "Ericsson Candlestick" Circa 1912 "Rare"
























Telepon Antik "Ericsson Candlestick" Circa 1912 "Rare"

Telephone dengan merk "Ericsson" Beeston Notts ini berdasarkan informasi yang saya dapatkan khusus dibuat di negara Inggris, dan dipasarkan untuk beberapa negara termasuk kemungkinan Indonesia. Produksi telepon ini dibuat sekitar tahun 1912 s/d 1924. 




Telepon yang dikenal dengan merk LM Ericsson ini awal dibuat dinegara Swedia dikota Stockholm. Karena perusahaannya makin berkembang dan permintaan pasar juga cukup banyak, maka perusahaan LM Ericsson Swedia membuat telephon dengan merk yang sama, bekerja sama dengan beberapa negara, diantaranya Amerika, Inggris dan Australia. 

Berikut sekilas informasi mengenai L.M. Ericsson Company :
Telepon dengan design cantik dengan sebutan Candlestick ini memiliki tinggi 31cm, diameter kaki telepon 13,5cm, dan untuk Mouthpiece memiliki diameter 8cm. Panjang Receiver atau Earphone 14cm, dengan diameter 6,5cm. Kondisi original, lengkap, dan berfungsi baik. Body telephon cukup berat, terbuat dari bahan besi, kuningan dan bakelit untuk ujung Mouthpiece dan Cover Receiver nya. 

Ring Bell Box terbuat dari bahan kayu eken, memiliki dimensi panjang 14,5cm x lebar 12cm x tinggi 11cm, dan tinggi berikut dengan bell 17cm. Pada bagian belakang terdapat marking "LM Ericsson Stockholm" pada baterainya. Pada bagian muka Mouthpiece telepon terdapat marking "Ericsson Beeston Notts".

Bagian bawah Ring Bell Box terdapat kertas pengecekan dari petugas pada masa itu yang masih menempel. Pada kertas terdapat tulisan berbahasa Indonesia dengan Ejaan Lama, dan bagian kiri bawah terdapat tulisan tahun 1954. Kemungkinan pada masa itu setiap pergantian tahun untuk barang seperti telepon dan bell telepon ini rutin dilakukan pengecekan untuk mengetahui layak tidaknya telepon dan bell telepon tersebut digunakan. Bisa jadi bell telepon ini adalah merupakan barang inventaris kantor yang terakhir masih digunakan sampai dengan tahun 1954. 

Pada telepon masih terdapat Box Conector, yang terbuat dari bahan besi. Untuk kabel telepon bentuknya cukup unik, yaitu dengan bentuk kepang dan pada bagian luarnya terbuat dari bahan kain.

Telepon seperti ini kemungkinan pada masa itu digunakan dikantor pos dan mungkin juga untuk dirumah. Bentuknya sangatlah unik seperti batang lilin sehingga dikenal dengan nama Candlestick, dan perlu diketahui juga bahwa pada masa sekarang ini telepon dengan model seperti ini sudah sangat jarang ditemukan, terlebih dengan merk Ericsson.  

Antik, unik, dan sangat langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT - Thanks Mr.Tm - JKT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar