Total Tayangan Halaman

Selasa, 18 November 2014

Antique Hot Air Fan "Carl Schlieper - Batavia" Circa Last 1800


























Antique Hot Air Fan "Carl Schlieper - Batavia" Circa Last 1800

Luar biasa sangat langka alias jarang ditemukan bukanlah suatu kata-kata yang berlebihan untuk kipas angin yang satu ini. Barang yang sangat layak untuk masuk dalam museum ini awal diproduksi sekitar pertengahan tahun 1800an, dikembangkan dan diproduksi di Jerman oleh Hubertus Friedrich Raab pada sekitar tahun 1853 s/d 1922. 

Mesin Kipas Angin ini menggunakan prinsip yang sama dengan prinsip mesin Stirling, ditemukan oleh Dr Robert Stirling dan dipatenkan oleh dia pada tahun 1816, dan biasa dikenal dengan nama mesin kalor, dimana didefinisikan sebagai mesin regenerasi udara panas siklus tertutup. Adanya pertukaran suhu tinggi dan suhu rendah pada sisi ruang pada silinder membuat adanya kompresi atau tekanan yang dapat menggerakkan mesin pada kipas angin tersebut.

Berikut informasi mengenai motor bakar Stirling :

Berikut adalah gambar kipas angin sejenis yang berada di Udaipur City Palace Museum - India :



Udaipur City Palace Museum 


Bahan kipas angin ini sebagian besar komponen terbuat dari besi cor, baja dan kuningan. Buatan sangat halus dan detail, bentuk design terlihat cantik dan kental dengan khas eropa. Memiliki nomor seri mesin 19941, diproduksi sekitar akhir tahun 1800an, ukuran tinggi 117cm, dengan bentangan kaki memiliki jarak masing-masing 38cm, dan diameter kepala kipas 43cm. 

Kondisi kipas angin original, berfungsi (setelah mengalami perbaikan dengan biaya yang cukup tinggi), dimana mesin dapat bergerak dengan tenaga penggerak menggunakan panas udara dengan sumbernya berasal dari api pada tungku minyak. Kipas dapat bergerak baik dan stabil jika diletakkan didalam ruangan, karena kondisi api pada tungku akan stabil tidak terkena hempasan angin, sehingga tabung silinder pada mesin kipas dapat terkena panas secara konstan.

Berikut adalah Video dari kipas angin tersebut:

Untuk bahan bakar biasa menggunakan minyak tanah atau spirtus. Komponen masih dalam keadaan lengkap, tetapi khusus tungku dan semprong bukanlah bawaan asli dari awal, hal tersebut dikarenakan kemungkinan tungku dan semprong sudah rusak atau hilang karena penggunaan pada masa itu.

Berikut beberapa gambar dibawah ini, yang menunjukkan dari beberapa kipas angin sejenis yang wadah minyak atau tungku dan semprongnya sudah bukan bawaan dari awal, dan bahkan untuk rangka kepala kipasnya juga sudah tidak ada :




Pada tahun 1903 s/d 1920 Carl Jost juga mulai memproduksi dan memasarkan kipas angin dengan tenaga udara panas yang dikenal dengan istilah Hot Air Fan tersebut didaerah Bombay - India. Pada sekitar tahun 1882 Carl Jost pergi dari negara asalnya Jerman dan tingal di India, dan pada tahun 1905 ia mematenkan kipas anginya tersebut. Ia memproduksi kipas angin tersebut dengan menggunakan bahan besi cor, baja, kuningan dan kayu.

Carl Jost Advertising 1908

Carl Jost Advertising 1922

Khusus untuk kipas angin yang saya miliki ada sedikit perbedaan design mesin dari yang Carl Jost pasarkan, dimana baling-baling kipas digerakkan oleh gerigi pada lempengan dibelakangnya, dan untuk kepala kipas ukurannya sedikit kecil dari yang Carl Jost produksi. Kelihatannya memang kipas angin ini dibuat berbagai macam Type, dan untuk kipas angin yang dipasarkan oleh Carl Jost adalah Type 3

Josts Fan Type 3

Carl Jost Stirling Engine Fan Circa 1910

Pada bagian belakang kipas angin yang saya miliki terdapat marking Carl Schlieper - Batavia, bisa jadi kipas angin ini pada masa itu dipasarkan khusus diwilayah Ned Indie (Indonesia) oleh Carl Schlieper sebagai distributornya yang berkantor di Batavia pada masa itu.

Pada pada gambar diatas terlihat gambar yang diberikan tanda anak panah berwarna merah yang menunjukkan, wadah untuk tempat air sebagai pendingin pada mesin, menunjukkan juga piston yang bergerak naik turun sebagai kompresi, tempat wadah untuk memberikan minyak pelumas pada poros mesin, dan juga menunjukkan tahanan untuk rangka kipas agar tidak bergetar keras pada saat baling-baling kipas bergerak.

Berikut sekilas informasi dari Carl Schlieper Company :



Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Pak.Dn-BDG.....thanks a lot...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar