Total Tayangan Halaman

Selasa, 08 Mei 2012

Dutch Clock "Friesian Clock" Circa 1935 (2)















Dutch Clock "Friesian Clock" Circa 1935 (2)

Jam ini memiliki kurang lebih keseluruhan tinggi 77cm, lebar 25cm, ketebalan 15cm dan diameter jam 14cm, kondisi orisinil, seluruh komponen lengkap dan mesin Jam masih berjalan dengan akurat, begitu juga dengan gambar bulan pada bagian tengah yang dapat bergerak mengikuti phase bulan di bumi, body jam terbuat dari bahan sejenis kayu Oak/Eken, design sangat cantik dan menawan, kondisi kayu masih baik dan tidak ada yang keropos.

Pada bagian permukaan jam dan bagian tutup belakang mesin pada jam terdapat marking "Wuba" dan tulisan "Warmink" alias "John Warmink" pada bagian permukaan jam, yaitu pelopor/pendiri Warmink Company, sebagai Perusahaan pembuat Jam terkenal dari Negeri belanda yang beroperasi pada Tahun 1926 s/d 1970.

Gambar pada plat dial jam dibuat dengan cara melukis menggunakan tangan, kelihatan begitu indah dan menawan, gambar terasa timbul jika diraba dengan tangan, dan ini merupakan salah satu ciri khas jam lama, pada bagian atas pada Jam terdapat patung Dewa Atlas dan pada bagian kanan dan kiri terdapat patung Dewi Bersayap Peniup Terompet yang terbuat dari bahan kuningan, dimana menggambarkan kemenangan atas Dewa Zeus, dan sayap pada bagian belakang pada Dewi-Dewi tersebut sudah direkatkan dengan lem khusus oleh pemiliknya terdahulu, dengan tujuan agar tidak mudah lepas dan hilang.




Singkat cerita Dewa Zeus adalah Pimpinan Para Dewa yang bermarkas di Gunung Olimpus dan Dewa Atlas adalah Pimpinan Para Titan yang bermarkas di Gunung Othris, Dewa Zeus akhirnya memenangkan pertempuran karena mendapat bantuan dari para Kiklops dan Hekatonkhires atas nasehat dari Gaia, dan mendapat bantuan tambahan dukungan dari Prometehus dan Epimetehus. Para Titan akhirnya kalah perang dan mendapat hukuman termasuk Pimpinan mereka Dewa Atlas yang dihukum oleh Dewa Zeus dengan memanggul Bumi tempat Para Dewa dan Dewi tinggal. Maksud dari Dewa Zeus juga agar bumi dalam perjalanannya dapat stabil dan seimbang.

Model Jam seperti ini pernah masuk dalam katalog lelang "Denindo Auction" tanggal 14 Agustus 2010, sungguh Jam yang patut diperhitungkan dikalangan penggemar Antik.





Saya sangat menyukai Jam ini karena design Jam yang sangat menawan dan cantik, sungguh suatu karya yang memiliki nilai seni yang tinggi, terlepas dari itu semua Jam ini juga memiliki history yang sangat menarik, kondisi dan bentuk Jam seperti ini juga sangat sulit ditemukan dan masuk kategori langka, antik, unik dan menarik untuk dikoleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar