Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 November 2015

Gramaphone Antik "Parla" Made in Swiss Circa Early 1900



























Gramaphone Antik "Parla" Made in Swiss Circa Early 1900

Gramaphone dengan merk Parla, dengan mesin terbaik buatan Swiss pabrikan Thorens ini kelihatannya hanya khusus beredar di Indonesia (Ned Indie) dan Belanda saja. Bentuk atau design seperti ini biasa disebut dengan gramaphone kabinet atau Cabinet Gramaphone. 

Produksi diperkirakan sekitar awal tahun 1900an. Kondisi mesin masih berfungsi baik, seluruh komponen masih lengkap dan original. Pada mesin terdapat merk Parla, Swiss Made, dan sepengetahuan saya gramaphone khusus merk Parla denga mesin terdapat merk Parla seperti ini jarang ditemukan, biasanya hanya terdapat merk Thorens atau bahkan tanpa ada merk sama sekali.

Suara yang dihasilkan dari gramaphone ini cukup keras dan normal, dengan soundbox terdapat merk Thorens pabrikan gramaphone terbaik Swiss. Gramaphone kurang lebih memiliki dimensi tinggi 102cm x lebar depan 49cm dan lebar samping 49cm, dengan diameter plat piringannya sekitar 30cm.

Untuk box gramaphone kelihatannya terbuat dari bahan kayu jati dan kondisi baik tidak ada keropos, pernah ada perbaikan atau diplitur ulang. Pada bagian tatakan mesin gramaphone terdapat tulisan kalimat berbahasa Belanda "WETTIG GEDEPONEERD" yang artinya "secara hukum telah didaftarkan" dan pada pintu tutup atas bagian dalam terdapat merk tulisan Parla.

Foto dibawah ini adalah bukti bahwa Toko Gramaphone Parla pernah ada di Indonesia :




 Toko Gramaphone Parla 
Pasar Baru Batavia 1920

Berikut sekilas informasi mengenai Thorens :



Gramaphone ini terbilang cukup unik dan langka, dapat dinikmati atau dipajang pada ruangan dirumah anda yang bergaya vintage, sekaligus juga dapat menjadi barang koleksi.

Plat musik gramaphone pada gambar diatas tidak diikutsertakan untuk dijual, karena kondisi sudah tidak bagus untuk diputar dan hanya sebagai pajangan saja.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar