Total Tayangan Halaman

Jumat, 15 April 2011

Emblem IMC "Indische Motor Club"






Emblem IMC "Indische Motor Club" 


Emblem ini memiliki Diameter 8,5 cm dan Tinggi 11,5 cm, terbuat dari bahan sejenis Kuningan di Crome, dan pada bagian belakan terdapat tulisan Spencer London. Emblem ini biasanya dipasang pada bagian depan kendaraan bermotor sebagai identitas Club, dimana IMC sendiri merupakan Club kendaraan bermotor Jaman Kolonial Belanda pada waktu itu.

Berikut sekilas perkembangan Club kendaraan bermotor di Indonesia :

Pada tanggal 27 Maret 1906 didirikan Javasche Motor Club yang berkantor di jalan bojong 153-156, Semarang. Dalam perkembangannya Javasche Motor Club dirubah namanya menjadi Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club (KNIMC) yang selanjutnya sejalan dengan tuntutan zaman namaKNIMC Berubah lagi menjadi Indonesische Motor Club (IMC) sampai saat penyerahan kedaulatan dari Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia, dimana IMC turut diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia yang dalam hal ini oleh Departemen Perhubungan.

Sejak IMC diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950 nama IMC berubah menjadi Ikatan Motor Indonesia (IMI) , maka telah dimintakan pula pengakuan dan pengesahan dari Badan-Badan Internasional seperti AIT, FIA, FIM dan OTA sedangkan kantor pusat IMI (d/h IMC ) yang selama ini berada di Semarang di pindahkan ke Jakarta yang untuk pertama kali dan sampai dengan tahun 1968 menempati beberapa ruangan dari Kantor Bank Exim Kota (d/h Gedung Factory) setelah tahun 1968 kantor Pusat IMI telah beberapa kali berpindah tempat yang akhirnya sampai saat sekarang menempati bahagian dari ruangan Sayap Kanan Stadion Tennis, Jalan Pintu - I Senayan


Keterangan : Koleksi Pribadi - SOLD OUT

1 komentar:

  1. halo mas mau tanya emblem ini mau di jual enggak mas ? berapa ?

    BalasHapus