Total Tayangan Halaman

Sabtu, 31 Januari 2015

Asbak Antik dan Penjepit Korek M. Nitisemito Koedoes











Asbak Antik dan Penjepit Korek M. Nitisemito Koedoes

Asbak ini terbuat dari bahan kunigan, berikut dengan penjepit korek dengan marking Nitisemito juga terbuat dari bahan kuningan, dan untuk alas tatakan bagian atas asbak terbuat dari bahan porcelain.

Ukuranya kurang lebih untuk tinggi 10cm diukur sampai dengan bagian penjepit koreknya, dan diameter 12cm. Untuk penjepit koreknya memiliki ukuran tinggi 6cm, lebar 4cm dan tebal 2cm. Kondisi fisik asbak masih sangat baik, dan terdapat tatakan rokok serta pemotong untuk cerutunya yang masih dapat berfungsi baik.

Saya tertarik untuk mengkoleksi asbak dan penjepit korek ini, karena kondisinya yang masih sangat baik dan keberadaannya yang sangat langka, serta mengandung nilai sejarah tersendiri. 

Hal tersebut dapat dilihat dari marking produk rokok yang terdapat pada penjepit koreknya M. Nitisemito yang lokasinya berada dikota Kodoes, dan ini merupakan merk rokok asli Indonesia peninggalan masa lalu jaman Kolonial Belanda yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

HM. Nitisemito
Kretek Koning van Koedoes

Menariknya lagi pada penjepit korek tersebut terdapat kata-kata dengan tulisan yang menggunakan bahasa Indonesia ejaan lama dibawah tahun 1947, seperti berikut "djangan loepa saja poenja nama".

Rumah HM. Nitisemito

Nitisemito lahir di Kudus pada tahun 1836 dan meninggal pada tahun 1953. Perdagangan Rokok Kretek berawal dari pernikahannya pada tahun 1894 dengan Mbok Nasilah yang tidak lain adalah juga pengusaha tembakau. Usahanya mulai meningkat pada tahun 1916 dan puncak kejayaan Nitisemito terjadi pada tahun 1918 pada saat mendirikan pabrik rokoknya di Desa Jati dengan nama rokoknya Tjap Bal Tiga.

Etiket M. Nitisemito Tjap Bal Tiga

Berikut sekilas informasi sejarah Nitisemito :

Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT Thanks Ibu T - Boyolali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar