Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Februari 2017

Meja Sembahyang Antik Cina Peranakan Circa Mid 1800
















Meja Sembahyang Antik Cina Peranakan Circa Mid 1800

Meja Sembahyang ini saya dapatkan dari rumah tua yang masih bergaya Kolonial Belanda di daerah Jawa Tengah. Kondisi original tua apa adanya, plitur masih asli belum diplitur ulang, dan terlihat pada gambar terakhir diatas plituran yang sudah tampak retak seribu yang terjadi karena proses alami karena usia. Tampak juga bagian atas meja yang kusam dan apa adanya karena pemakaian dan usia.

Pada gambar diatas tampak juga kondisi kayu secara keseluruhan pada meja tidak ada patah atau retak, hanya ada sedikit cacat pada frame atau list ornamen pada bagian belakang meja (gambar no.10), dan papan kayu bagian atas adalah satu lembar tidak ada kayu sambungan. Pada meja ini tampak ciri khas khusus sambungan pada sudut kayu dengan pasak tembus, dan terlihat juga design garapan yang sangat halus dengan bentuk ukiran gambar yang sangat indah.

Bahan meja kelihatannya terbuat dari kayu jati, dimana secara keseluruhan masih dalam kondisi baik. Ukuran dimensi meja lebih kurang tinggi 119,5cm x lebar muka 214,5cm x lebar samping 56,5cm.

Singkat cerita berdasarkan informasi dari pemiliknya yang saat ini berusia 57 tahun bahwa meja sembahyang ini sudah ada sejak kakek nenek buyutnya masih hidup, dan sering digunakan oleh kakek dan neneknya untuk sembahyangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa meja sembahyang ini usianya kurang lebih sudah mencapai 150 tahunan lebih dan terbilang sudah sangat tua.

Antik dan Langka menarik untuk dijadikan barang koleksi sekaligus dapat menghiasi ruangan dirumah anda.

Harga : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar