Total Tayangan Halaman

Rabu, 01 Juni 2011

Buku Tabungan Postspaarbank (2)











Buku Tabungan Postspaarbank

Buku ini memiliki Panjang 17cm dan Lebar 12cm, tercatat atas nama Kho Thian Nio, nasabah cabang Poerwokerto pada tanggal 2 Augustus 1935 dengan No.8145 serie C, dan yang menarik dari buku tabungan ini adalah nasabah bersangkutan menabung hingga masa Penjajahan Jepang, sehingga terdapat tahun yang berbeda pada catatan tanggal tabungan pada buku tabungan tersebut (lihat foto atau gambar urutan no.6). 

Pada buku tabungan tersebut juga terdapat coretan pada cover depan buku, yang dimana sengaja dilakukan oleh Petugas Bank pada masa itu, karena Postspaarbank pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda telah berakhir, dan telah diambil alih oleh Pemerintahan Jepang, dan kemudian dirubah namanya menjadi Tyokin Kyoku. 

Pada urutan foto atau gambar no.7 terdapat surat pemberitahuan kepada nasabah dari petugas bank yang isinya adalah memberitahukan bahwa buku tabungan telah dikirim kembali pada kantor pos atau mungkin kantor cabang pada masa itu. Saya memperkirakan pihak bank telah melakukan proses yang berhubungan dengan buku tabungan atas permintaan nasabah tersebut, dan proses kemungkinan tidak bisa langsung dilakukan pada hari yang sama pada waktu itu. Pada cover surat yang memiliki ukuran P.14,5cm x10,5cm ini terdapat no.serie buku tabungan 8145 C dan stempel surat tertanggal 7 Maret 1939.

Pada urutan foto atau gambar no.8 & no.9 terdapat amplop surat yang berukuran P.22cm x L.14cm, tempat dimana buku tabungan tersebut dikirim kepada nasabah bersangkutan, yang beralamatkan di kota Poerbolinggo, dan pada amplop tersebut terdapat no.serie buku tabungan 8145 C dan terdapat juga catatan jumlah saldo tabungan terakhir. Saya memperkirakan buku tersebut dikirimkan oleh pihak petugas bank pada masa itu dikarenakan nasabah melakukan penutupan buku tabungan tersebut, mungkin dilakukan karena Postspaarbank sudah berakhir beroperasi pada masa itu. Proses penutupan tabungan pada masa itu kemungkinan tidak bisa dilakukan pada hari yang sama, sehingga buku tabungan harus ditinggal dan setelah diproses baru dikirim kembali kepada nasabah bersangkutan. 

Buku Tabungan dan Dokumen seperti ini sangat sulit ditemukan, sangat langka dan menarik untuk dikoleksi.

Keterangan: Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.Az.....thanks a lot...Sir...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar