Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 November 2011

Jam Regulator "Van Arcken"











Jam Regulator "Van Arcken"

Jam ini memiliki Tinggi 112cm, Lebar Samping 16cm, Lebar Muka 31cm dan Diameter Jam 18cm, mesin pada Jam masih berfungsi dengan baik, body masih tergolong mulus dan dibuat dari bahan kayu jati, bentuk sangat unik dan kemungkinan merupakan pesanan khusus, karena bentuk lain dari yang biasanya. Enamel pada permukaan Jam juga masih dalam kondisi baik tidak ada retak, dan terdapat nama sebuah Firma "Van Arcken".

Berikut sekilas sejarah mengenai Firma "Van Arcken & Co" 1861-1958 :


Firma Van Arcken & Co Batavia West-Java Circa 1880



Van Arcken & Co
Perusahaan pengrajin emas, perak, pembuat jam, dan permata. Pertama kali didirikan oleh Clemens van Areken. Toko ini terletak di dekat Gedung Harmonie (1861). Dengan alasan yang tidak jelas, toko ini dilikuidasi pada akhir tahun 1864. Van Areken yang baru dibuka di Noordwijk, menawarkan berbagai jenis barang dari toko lama yang dilikuidasi (Java Bode, 11 November 1864). Perusahaan bisa menjadi Van Areken & Co kembali dan pindah ke toko yang lebih besar di Rijswijk, di sisi timur sudut Gang Sekret.

"Tiffani dari Timur" ini mempunyai konsumen dari kalangan atas seperti Gubernur Jenderal, keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta, dan anggota kerajaan Siam/Thailand. Perusahaan bangkrut selama masa depresi (1929). Pernah dilanjutkan oleh keturunan Van Areken walau dalam skala kecil (1932). Keluarga ini akhirnya meninggalkan Indonesia pada tahun 1958, hanya tiga tahun dari peringatan satu abad perusahaan.


Bentuk Jam seperti ini tergolong langka dan jarang dijumpai, termasuk Jam yang dicari oleh Para Kolektor, biasa orang menyebutnya dengan Jam Kenur atau Senar. Pada bagian mesin terdapat kode angka 57526, seperti yang terlihat pada foto bagian akhir gambar No.9, menurut informasi yang saya dapatkan jika mengacu pada No.Seri yang dikeluarkan oleh DRP (Deutsches Reichspatent), maka No.Seri tersebut dikeluarkan diantara Tahun 1890 s/d 1895, sehingga dapat disimpulkan bahwa Jam tersebut dikeluarkan pada Tahun 1890 s/d 1895.

Untuk pertama kali Jam Regulator bandul 1 (satu) dikeluarkan pada Tahun 1850, sehingga Jam dengan bentuk design tersebut dapat dikategorikan sebagai Jam Antik, karena usianya yang sudah cukup tua dan sudah jarang ditemukan. Antik dan Langka, menarik untuk menjadi koleksi

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar