Total Tayangan Halaman

Minggu, 18 Mei 2014

Gramaphone "Parlophon" made in Germany




















Gramaphone "Parlophon" made in Germany 

Parlophon Portable Gramaphone buatan Jerman ini kondisinya masih lengkap dan original, memiliki dimensi lebih kurang 28,5cm x 24cm x 12,5cm, besar corong dibagian samping 8,5cm dan 6cm, dengan diameter pada turn table 15,5cm. Produksi gramafon kabinet ini lebih kurang sekitar tahun 1900 s/d 1920.

Gramaphone dengan jenis Portable ini adalah generasi pertama Parlophon, karena masih diproduksi oleh Jerman bukan Inggris, karena Inggris mulai memproduksi sekitar tahun 1923 keatas pada saat awal Parlophon mendirikan cabangnya di Inggris pada 8 Agustus 1923.

Berikut sekilas informasi mengenai sejarah Parlophon Company :

Parlophone adalah sebuah label rekaman, didirikan di Jerman pada tahun 1896 oleh Perusahaan Carl Lindström. Lambang atau L adalah merek dagang Jerman, untuk Lindström. ( Kebetulan juga menyerupai simbol pound Inggris "£" yang itu sendiri berasal dari huruf "L" untuk Libra, berarti pound dalam bahasa Latin ) Parlophone terkenal karena hubungannya dengan The Beatles .

Lindstrom awalnya menggunakan "Parlophon" untuk merek pada gramofon sebelum mulai membuat rekaman. Selama Perang Dunia Pertama, Trading Company didirikan di Belanda untuk menjaga aset di luar negeri. Pada tanggal 8 Agustus 1923, telah didirikan cabang di Inggris memberikan nama "Parlophone" ( dengan menambahkan huruf "e" dibagian belakang merek ), dipimpin oleh A & R manajer Oscar Preuss. Parlophone mendirikan master perjanjian sewa dengan Perusahaan yang dimiliki Amerika Serikat berbasis Okeh Records, yang membuat Parlophone menjadi label jazz terkemuka di Inggris. 

Tahun 1927 Perusahaan Columbia Graphophone mengakuisisi saham pengendali di Perusahaan Carl Lindström dan dengan Parlophone. Pada tahun 1931 Columbia bergabung dengan Gramophone Company untuk membentuk Electric & Musical Industries Ltd ( EMI ) .

Parlophon Trade Mark

Kondisi fisik dan mesin gramafon secara keseluruhan masih dalam keadaan baik, terbuat dari bahan kayu oak atau eken dan lapis oskar pada bagian permukaan box nya. Untuk jenis seperti ini terbilang langka, karena pada bagian Tone Arm terbuat dari bahan kayu jenis oak atau eken, biasanya kebanyakan gramafon Tone Arm terbuat dari bahan besi atau kuningan.

Untuk sound box terdapat marking simbol Parlophon "£dan terdapat tulisan Mignon, kondisi soudbox masih cukup baik dalam mengeluarkan suara, walaupun ada sedikit retak pada bagian membrannya. Untuk plat piringan gramafon walaupun berukuran kecil mampu memainkan plat piringan PH gramafon dengan ukuran normal atau besar.

Parlophon Advertising

Kondisi seperti yang saya sebutkan diatas tentunya sangat menarik, sangat langka ditemukan, dan jelas gramafon dengan merk Parlaphon ini adalah salah satu peninggalan masa Hindia Belanda yang sangat bernilai.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Pak Dadan - Bandung.....thanks a lot...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar