Total Tayangan Halaman

Selasa, 22 April 2014

Columbia Grafonola Gramaphone - Made in England






























Columbia Grafonola Gramaphone - Made in England

Columbia Grafonola Cabinet Gramaphone buatan England ini masih original, memiliki dimensi lebih kurang 98cm x 51cm x 46cm, dengan diameter pada turn table 30cm. Produksi gramaphone kabinet ini lebih kurang sekitar tahun 1915 s/d 1925.

Columbia Gramaphone Company awalnya bernama Columbia Phonograph Company. Berdiri pada tahun 1890an, dan merupakan perusahaan milik Amerika, kemudian diambil alih oleh perusahaan milik Inggris pada tahun 1922.

Berikut informasi mengenai sejarah Columbia Company :

Kondisi fisik gramaphone secara keseluruhan masih dalam keadaan baik, terbuat dari bahan kayu oak atau eken dan sudah ada perbaikan serta pelitur ulang. Hal tersebut masih terbilang wajar karena ada pemakaian dan faktor usia.

Mesin masih berfungsi normal dan mekanik otomatis akan berhenti sendiri jika musik sudah habis terputar, hal tersebut dikarenakan pada mesin terdapat tuas yang dapat disesuaikan dengan panjangnya lagu pada plat gramaphone atau PH (lihat pada gambar 14 diatas yang diberi tanda anak panah berwarna merah). Pada mesin terdapat marking Columbia Made in England dan Serial Machine Number, seperti tampak pada gambar terakhir diatas.

Untuk sound box terdapat marking Columbia dan nomor serinya, dimana kondisi masih sangat baik dan dapat mengeluaran suara lagu sangat keras dan terdengar nyaring. 

Piringan plat gramaphone diatas berjumlah 1 buah, seperti tampak pada gambar diatas, kondisinya masih cukup baik untuk dinikmati, dan ikut disertakan dalam penjualan gramaphone ini. Berikut juga dengan jarum gramaphone yang berjumlah sepuluh buah akan diberikan cuma-cuma alias bonus.

Pada kabinet bagian dalam terdapat identitas nama toko yang menjual gramaphone ini, yaitu bernama KK KNIES dan nama kota tempat toko tersebut berada yang masih menggunakan Ejaan Lama, yaitu Soerabaia - Weltevreden (Surabaya dan Jakarta Pusat sekarang ini), seperti tampak pada gambar diatas.

Piano & Muzikhandel KK KNIES adalah nama sebuah Toko Alat musik yang cukup terkenal, awalnya berada di Surabaya, terletak di Jalan Tunjungan, berdiri sekitar tahun 1909.

KK KNIES Advertising

Kondisi seperti yang saya sebutkan diatas tentunya sangat menarik, sangat langka ditemukan, dan jelas gramaphone Columbia ini adalah salah satu peninggalan masa Hindia Belanda yang sangat bernilai.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar