Total Tayangan Halaman

Senin, 06 Maret 2017

Lemari Cui Ho Cina Peranakan












































Lemari Cui Ho Cina Peranakan

Lemari ini kita kenal dengan lemari Cui Ho yang biasa digunakan untuk menyimpan pakaian pada masa itu. Kondisi original barang tua, tergolong masih lengkap terdiri dari tiga bagian yaitu lemari atas dan bawah serta ambalan untuk kaki lemari. Lemari ini saya dapatkan apa adanya, belum diplitur ulang seperti tampak terlihat pada beberapa gambar diatas. Garapan pada lemari cukup baik dan terlihat ciri khas barang lama, dimana pada bagian sudut lemari tampak sambungan kayu dengan design adu manis dan dengan pasak tembus. Pada bagian laci2nya menggunakan kayu akar ambon pada bagian depannya yang merupakan ciri khas barang berkelas.

Pada bagian permukaan pintu2 lemari yang berbentuk lembaran2 papan yang bisa dilepas tampak gambar lukisan yang begitu indah dan tentunya mengandung arti makna tertentu, dipadukan dengan tulisan2 syair yang tentunya mengandung makna untuk kebaikan bagi pemiliknya. Pada bagian sisi2 lemari dan pada bagian atas atap lemari menggunakan kayu selembar bukan sambungan. Kondisi kayu masih cenderung utuh dan kokoh tidak ada yang keropos. Kaca pada masing2 pintu utuh tidak ada yang retak, pecah atau cuil.

Pada masa itu tentulah lemari ini kemungkinan pernah mengalami beberapa perbaikan dibeberapa bagian, terutama pada bagian rumah kuncinya yang kemungkinan pernah diganti seperti tampak pada gambar diatas. Walaupun demikian rumah kunci tersebut masih menggunakan barang tua pada masanya (perbaikan lama). Anak kunci pada lemari tersebut masih terbilang lengkap kecuali pada laci bagian tengah anak kunci sudah hilang.

Pada bagian belakang lemari tampak ada perbedaan warna pada kayu antara lemari atas dan lemari bawah yang kemungkinan pada masa itu oleh pemiliknya sempat dibersihkan dengan cara diamplas, tetapi masih tampak bercak warna hitam dibeberapa bagian kayu. Pada bagian engsel lemari atas sisi kiri tampak engsel yang sudah sedikit rusak tapi masih berfungsi normal. Hal ini tentulah dikarenakan pemakaian dan usia lemari tersebut.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk dijadikan barang koleksi dan sekaligus menghiasi ruang dirumah anda yang bergaya oriental.

Keterangan: SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar