Total Tayangan Laman

Rabu, 07 Juni 2017

Dipan Opium Antik Cina Peranakan Circa Early 1900



















Dipan Opium Antik Cina Peranakan Circa Early 1900

Dipan Opium ini saya dapatkan dari rumah tua yang masih bergaya Kolonial Belanda di daerah Jawa Tengah. Kondisi original tua apa adanya, plitur masih asli belum diplitur ulang, pada gambar terakhir tampak tanda panah berwarna putih yang menunjukkan ada pengikisan pada kayu. Tampak juga bagian sisi atas kayu yang tampak kusam.

Pada gambar diatas juga tampak marmer dalam kondisi retak dan pecah, berdasarkan informasi dari pemilik awal yang saat ini berusia 57 tahun, bahwa hal tersebut terjadi diakibatkan karena dipecahkan oleh para perusuh pada masa G 30 S PKI saat dia masih kecil dulu. Berdasarkan informasi juga Dipan Opium ini sudah ada pada masa kakek dan neneknya masih hidup, dan diperkirakan sudah ada pada awal tahun 1900an.

Bahan terbuat dari kayu jati dan secara keseluruhan masih dalam kondisi baik. Ukiran pada kayu tampak sangat halus garapannya, gambar daun dan bunga mirip gambar pada sarung batik peranakan pada umumnya. Sisi belakang pada Dipan Opium tidak bergambar jadi biasanya dipajang pada ruangan dirumah dengan cara dipepetkan pada tembok rumah. Kayu yang digunakan cukup tebal, sehingga tampak kaki2 pada Dipan Opium tersebut sangat kokoh berdiri.

Untuk ukuran dimensi lebih kurang tinggi 44cm x lebar muka 218cm x lebar samping 82cm. Bahan pada kayu utuh tidak ada sambungan dan walaupun kondisi marmer sudah seperti itu Dipan Opium ini masih bisa digunakan untuk tidur atau duduk diatasnya, karena marmer cukup tebal dan juga tembus cahaya jika kita sorot menggunakan lampu senter dari bawah kolong Dipan Opium tersebut.

Antik dan Langka menarik untuk menghiasi ruangan dirumah anda.

Harga : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar