Total Tayangan Laman

Senin, 05 Juni 2017

Kamera Kayu Film Antik Circa 1916















Kamera Kayu Film Antik Circa 1916

Kamera Film ini dikenal dengan nama "Wooden Movie Camera / Handycam Ernemann Kino Model C II" yang adalah milik seorang kolektor dan juga Sutradara kondang Indonesia dimana dititipkan kepada saya untuk ditawarkan kepada para penggemar barang antik yang berkelas. Kamera Film ini sebelumnya digunakan sebagai barang properti pada film "Love and Faith" yang sudah tayang pada tahun 2015 lalu. 

Berikut adalah capture gambar dari youtube liputan film tersebut :


Pada gambar tersebut diatas tampak seorang videographer tempoe doeloe disebelah kiri yang sedang menggunakan kamera tersebut untuk meliput sepasang pengantin yang keluar dari dalam Gereja setelah pemberkatan nikah kudus.

Kamera Film ini memiliki dimensi tinggi 21cm x panjang 25,5cm x lebar 11,5cm, bahan body kamera terbuat dari kayu oak/eken, kondisi original dan kemungkinan masih dapat difungsikan. Kondisi fisik kamera tergolong masih baik dan layak menjadi barang koleksi. 

Pada gambar diatas terlihat anak panah berwarna putih adalah menunjukkan sedikit kekurangan pada kamera film ini. Pada gambar no.4 menunjukkan bagian tengah ada jarum penunjuk angka yang hilang berfungsi untuk menentukan kecepatan pengambilan gambar, pada gambar no.5 menunjukkan ada frame bahan kuningan yang hilang berfungsi untuk melihat batas frame gambar yang akan diliput, gambar no.6 menunjukkan ada handle yang hilang berfungsi untuk menggerakkan diafragma pada lensa, tetapi tanpa handle tersebut tuas pada diafragma lensa masih dapat digerakkan. 

Pada gambar no.10 ada anak panah berwarna kuning adalah petunjuk letak lensa tele sebagai lensa tambahan yang berfungsi untuk melihat gambar jauh agar terlihat lebih dekat dan biasanya lensa tersebut adalah bukan bawaan awal kamera film ini, dan dijual terpisah pada masa itu.

Berikut adalah gambar dan harga Kamera Film ini dipasaran luar :




Pada gambar terlihat harga jual kamera tersebut yang cukup mahal dikarenakan kamera ini masuk dalam kategori collector item, namun khusus kamera yang saya tawarkan ini harga sangat dibawah jauh berbeda dengan harga pasaran diatas.

Berikut sekilas sejarah mengenai Kamera Film tersebut :

Heinrich Ernemann 1919

‪Heinrich Ernemann Lahir pada tahun 1850 di sebuah desa kecil di Thuringia, Ernemann pindah ke Stuttgart untuk menjadi montir, Ernemann memulai bisnis sekunder berhubungan dengan kamera pada tahun 1889, pada saat itu Ernemann hanya mempekerjakan 15 pekerja untuk perusahaannya dan pada tahun 1897 Ernemann mulai membangun pabrik baru yang kemudian menjadi kantor perusahaan dan merek dagang Pentacon. 

‪Pada tahun 1916 lahir kamera film 35 mm dengan nama  Ernemann Kino Model C II yang di buat oleh oleh "Ernemann Dresden " dengan system pergerakan film mengunakan engkol dengan mengunakan lensa Ernemann Dresden 1:3,5  F:5 cm. Dan ini salah satu ciptaan Ernemann untuk sebuah kamera amatir awal.
Antik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

‪Keterangan : Call or SMS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar