Total Tayangan Halaman

Senin, 19 Agustus 2019

Foto Demang Antik







Foto Demang Antik

Foto ini adalah asli bukan repro dan dibuat pada masa kolonial Belanda. Pada foto tersebut tampak Demang yang berpakaian jas era kolonial beserta istri yang menggunakan pakaian kebaya dan anaknya. Tampak juga pengawal 2 (dua) Polisi dengan menggunakan pedang yang biasa dikenal dengan merk Milsco. Pada bagian belakang foto keluarga Demang tampak juga seorang pria yang kemungkinan adalah assistant pribadinya. Pada bagian dalam rumah panggung tampak terpajang alat musik tempo dulu yang kita kenal dengan nama Gramophone.

Foto ini bagi saya sangat bernilai tinggi karena jarang sekali didapatkan foto orang pribumi dari kaum bangsawan pada masa kolonial Belanda. Uniknya lagi tampak 2 (dua) Polisi pengawal yang tidak menggunakan alas kaki dan hanya menggunakan pedang bukan senjata api. Menariknya juga tampak alat musik tempo dulu yang ikut diabadikan pada foto, yang kemungkinan pada masa itu alat musik ini sangat bernilai tinggi, dan menjadi salah satu simbol atau status kekayaan pada masa itu.

Kondisi foto masih layak koleksi walaupun ada beberapa titik yang berlubang kecil termakan ngengat, yang kemungkinan karena penyimpanan lama dan tidak terawat. Foto diperkirakan diabadikan pada pertengahan tahun 1800an. Ukuran foto lebih kurang 13,5cm x 19.5cm (belum termasuk ukuran mat board), dan ukuran frame lebih kurang 18cm x 24cm.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar