Total Tayangan Halaman

Rabu, 15 Februari 2012

Jam RA Konkurrenz "Van Arcken & Co" Germany Circa 1900-1910











Jam RA Konkurrenz "Van Arcken & Co" Germany Circa 1900-1910

Jam ini orisinil memiliki Tinggi keseluruhan 107cm, Lebar Depan keseluruhan 41cm, Lebar Samping keseluruhan 16cm dan Diameter Jam 15cm. Kondisi fisik masih dalam keadaan baik, tidak ada kayu yang keropos, hanya kelihatannya pernah diplitur ulang, terbuat dari bahan kayu jati tua.

Kondisi mesin Jam masih berfungsi normal, dibagian belakang mesin terdapat no registrasi 8664, 42 ctm, dan marking "Konkurrenz" yang adalah merk dari Jam tersebut, diperkirakan diproduksi pada tahun 1900 s/d 1910, bunyi dentangan terdengar baik dan normal. Plat pada Jam terbuat dari bahan enamel atau porcelein dan dalam kondisi baik. 

Pada permukaan plat pada Jam tertulis nama sebuah Firma "Van Arcken & Co" dan terdapat tulisan nama kota Tempo Doeloe "Batavia dan Soerabaya", yang tentunya memiliki nilai arti sejarah tersendiri. 

Antik, Unik dan Menarik untuk dikoleksi.

Berikut sekilas sejarah mengenai Firma "Van Arcken & Co" 1861-1958 :


Firma Van Arcken & Co Batavia West-Java Circa 1880



Van Arcken & Co
Perusahaan pengrajin emas, perak, pembuat jam, dan permata. Pertama kali didirikan oleh Clemens van Areken. Toko ini terletak di dekat Gedung Harmonie (1861). Dengan alasan yang tidak jelas, toko ini dilikuidasi pada akhir tahun 1864. Van Areken yang baru dibuka di Noordwijk, menawarkan berbagai jenis barang dari toko lama yang dilikuidasi (Java Bode, 11 November 1864). Perusahaan bisa menjadi Van Areken & Co kembali dan pindah ke toko yang lebih besar di Rijswijk, di sisi timur sudut Gang Sekret.

"Tiffani dari Timur" ini mempunyai konsumen dari kalangan atas seperti Gubernur Jenderal, keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta, dan anggota kerajaan Siam/Thailand. Perusahaan bangkrut selama masa depresi (1929). Pernah dilanjutkan oleh keturunan Van Areken walau dalam skala kecil (1932). Keluarga ini akhirnya meninggalkan Indonesia pada tahun 1958, hanya tiga tahun dari peringatan satu abad perusahaan.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar