Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Februari 2013

Zenith "Van Arcken" Grand Prix Paris 1900 Pocket Watch - Circa 1904 (2)

















Zenith "Van Arcken" Grand Prix Paris 1900 Pocket Watch - Circa 1904 (2)

Jam Saku dengan merk Zenith ini adalah merupakan edisi khusus, dimana pertama kali Zenith menjadi sponsor penyelenggaraan Grand Prix di Paris 1900. Pada Tahun 1899, James Gordon Bennett pemilik dari New York Herald yang berkantor di Paris menawarkan ACF sebagai Piala resmi bergilir setiap tahunnya untuk klub-klub mobil di berbagai negara, dimana mereka harus memilih tim mereka sendiri driver dan mobilnya. Pada Tahun 1900 adalah pertama kali diadakan lomba balap mobil dengan Sirkuit tertutup dan tantangan Internasional Piala Lomba diadakan pertama kali pada tahun 1900 - 1905 di Paris.

Berikut sekilas informasi mengenai Van Arcken & Co :

Sebuah firma atau perusahaan yang menjual permata dan jam yang terbesar di Hindia Belanda (Indonesia) yang berkedudukan di Batavia dan Soerabaia (Jakarta & Surabaya) pada masa itu. Mulai menjalankan bisnisnya pada tahun 1861 sampai dengan 1958 selama tiga generasi.


Casing Jam ini terbuat dari bahan Nikel, bahan dialnya atau platnya terbuat dari bahan Porselen, namun ada sedikit cuil pada dialnya atau platnya seperti tampak pada gambar No.3 yang diberi tanda anak panah berwarna merah.

Pada saat awal saya membelinya pemilik sebelumnya yaitu seorang pedagang antik menjelaskan bahwa Jam ini dalam keadaan mulus, dialnya atau plat pada Jam ada sedikit noda air diangka V (bisa dibersihkan), tetapi kenyataannya Jam ini sudah mengalami perbaikan pada platnya, bukan terkena noda air, dan pada saat dibersihkan ternyata enamel plat pada Jam yang diperbaiki dengan cara menambal dengan sejenis bahan seperti semen putih ternyata malah menjadi rontok.

Berikut adalah gambar Jam sebelum dibersihkan dari pedagang antik tersebut :



Berikut dibawah adalah kutipan narasi dari pedagang antik tersebut :

Jam kantong/saku Merk Zenith Diamant,salah satu barang Must have item untuk kolektor
jam saku,diimpor khusus oleh Van Arcken & Co sebuah tokoperhiasan yg berkedudukan di batavia dan surabaya,kondisi mulus,hidup ada marking Grand Prix Paris 1900 dibelakang.ada sedikit noda air di angka V(bisa dibersihkan)


Terlepas dari permasalahan tersebut diatas, untuk kondisi secara keseluruhan Jam ini masih cukup baik. Casing tidak ada penyok dan mesin Jam masih berjalan dengan normal. Jam ini memiliki diameter 45mm (4,5cm) dan tebal 10mm (1cm), kondisi orisinil dan masih layak koleksi. Pada mesin Jam terdapat tulisan tahun dibuatnya Jam tersebut, yaitu Pat. 18 Oktober 1904. Jam yang memiliki identitas tahun dibuat pada mesinnya sangat jarang dijumpai alias langka.

Pada gambar No.4 dan No.9 yang diberi tanda anak panah berwarna kuning diatas adalah sekedar petunjuk tempat untuk membuka casing pada Jam tersebut, dimana saya menyarankan untuk membukanya harus hati-hati yaitu dengan menggunakan pisau lipat yang tipis.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar