Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 Mei 2013

Foto Asli Pemimpin Republik Cina Sun Yat-Sen





Foto Asli Pemimpin Republik Cina Sun Yat-Sen

Foto ini memiliki ukuran Panjang 22cm x Lebar 17cm, jika diukur keseluruhan, dan jika diukur untuk fotonya saja memiliki Panjang 13,5cm x Lebar 9,5cm. 

Sun Yat-Sen lahir 12 November 1866, adalah seorang pemimpin kunci revolusi Cina dan diakui secara luas sebagai Bapak Negara Cina Modern, baik di Cina Daratan maupun Taiwan.

Pada waktu itu, Cina diperintah oleh seorang kaisar yang memerintah seolah-olah seperti Dewa. Sun Yat-Sen yakin bahwa Cina perlu ditata dengan cara yang baru melalui revolusi. Pada tahun 1895, ia memimpin suatu pemberontakan di Katon, tetapi dapat diredam.

Secara keseluruhan ia memimpin sebelas kali revolusi terhadap Dinasti Qing dan akhirnya berhasil menumbangkan kekaisaran, sehingga Kaisar harus meletakkan jabatannya. Cina selanjutnya menjadi Republik Cina pada tahun 1911 yang didirikan oleh Sun Yat-Sen. Ia juga pendiri partai tertua dalam sejarah modern Cina, Kuomintang (KMT), dan menjadi pejabat Presiden pada tahun 1912, dan Presiden pada tahun 1923 s/d 1925.

Berikut adalah sekilas informasinya :



Dokumen berupa Foto Sun Yat-Sen ini saya dapatkan dari seorang kawan saya yang tinggal di Jakarta yang langung didapatkannya dari rumah pemiliknya bernama Ibu Betsy Oey yang sudah berumur 80 tahun lebih. Betsy Oey adalah anak dari Oey Tek Fong yang jabatannya adalah Kuasa dari N.V Handel Mij "Sun Lioeng". 

Berikut adalah beberapa dokumen yang saya dapatkan dari kawan saya bersamaan Dokumen Foto Sun Yat-Sen tersebut :


Foto Betsy Oey pada saat masa kecil dulu.

Foto Betsy Oey bersama keluarga pada saat remaja yang diambil gambarnya pada 12 September 1942, posisi Betsy Oey ada dibagian belakang no.2 dari sebelah kiri, dan pada bagian depan sebelah kanan adalah Tan Hoe Teng, yang tidak lain adalah Direktur sekaligus Pendiri Handel Mij "Sun Lioeng" 

Foto Betsy Oey pada saat Remaja

Tan Hoe Teng, Direktur sekaligus Pendiri Handel Mij "Sun Lioeng" 

Foto Tan Hoe Teng (sebelah kiri) Direktur sekaligus Pendiri dari Handel Mij "Sun Lioeng", bersama dengan ayah dari Betsy Oey, yaitu Oey Tek Fong (sebelah kanan) yang jabatannya adalah sebagai Kuasa dari Handel Mij "Sun Lioeng" pada masa itu, dan dibagian tengah adalah saudara dari ayah Betsy Oey yang kemungkinan bernama Oey Kim Tjoei yang juga sebagai seorang Kolektor Perangko.

Tan Hoe Teng, Direktur sekaligus Pendiri Handel Mij "Sun Lioeng" 

Foto Oey Tek Fong orang tua Betsy Oey, Kuasa dari Handel Mij "Sun Lioeng" Batavia

Ini adalah Iklan Kertas Royal Enfield dengan Importirnya N.V. Handel Mij "Sun Lioeng" Batavia, dimana Iklan Kertas ini dimiliki oleh seorang kawan saya didaerah Jawah Tengah.


Saya tertarik mengkoleksi Foto Sun Yat-Sen ini karena memiliki sejarah tersendiri sebagai bukti sejarah peninggalan masa lalu, dan juga beberapa dokumen yang saya miliki sekaligus dapat membuktikan pemiliknya, yang tidak lain adalah keluarga bangsawan masa lalu pemilik N.V. Handel Mij "Sun Lioeng", yang merupakan Perusahaan Pabrik Kulit dan juga sekaligus sebagai Importir Sepeda dan Motor dengan Merk Royal Enfield buatan England.

Unik dan Langka menarik untuk menjadi Koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi - SOLD OUT Thanks Mr. Hd - BDG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar