Total Tayangan Halaman

Selasa, 02 Juli 2013

Timbangan Dapur F.M.N. Antik









Timbangan Dapur F.M.N Antik

Timbangan ini memiliki ukuran tinggi 30,5cm, diameter alas atau kaki timbangan 15cm, diameter fisik timbangan 15cm, diameter skala 13cm dan diameter tembor 25,5cm.

Pada masa itu timbangan ini biasa diletakkan didapur dan digunakan untuk menimbang bumbu dapur, buah, beras atau tepung dengan bobot maksimal sampai dengan 10kg. 

Terbuat dari bahan besi dan skala terbuat dari bahan porcelain atau enamel. Kondisi masih berfungsi, original, dan lengkap. Untuk kondisi cat pada timbangan dan enamel juga masih baik dan utuh.

Usia untuk timbangan ini diperkirakan sudah cukup tua, melihat dari kondisi dan tulisannya yang tercantum pada skala timbangan masih menggunakan ejaan berbahasa Belanda dan bahasa Indonesia ejaan lama Van Ophuijsen (ejaan tahun 1901 s/d tahun 1947). 

Kondisi yang sudah cukup tua tersebut juga dapat dilihat dari bentuk motif timbangan, dan kondisi fisik yang sudah usang, namun demikian kondisi timbangan ini masih sangat lengkap dan berfungsi, biasanya untuk tembor bagian atas timbangan untuk jenis seperti ini rata-rata sudah banyak yang hilang, tetapi khusus untuk timbangan ini masih ada.

Untuk skala yang terbuat dari bahan enamel atau porcelain pada timbangan sejenis ini biasanya ditemukan sudah banyak yang rusak, retak ataupun cuil, namun untuk timbangan yang saya miiki ini masih sangat utuh, tidak ada retak atau cuil.

Saya tertarik dengan timbangan ini karena bentuk fisiknya masih dalam kondisi baik, lengkap dan orginal, dan selain itu identitas barang peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda cukup jelas terlihat, dimana terdapat tulisan berbahasa Belanda dan Indonesia Ejaan Lama pada skala timbangan tersebut.

Antik dan Langka menarik untuk menjadi koleksi dan juga sangat bernilai sebagai barang peninggalan jaman penjajahan Kolonial Belanda pada masa tempo dulu.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar