Total Tayangan Halaman

Senin, 07 Oktober 2013

Kipas Angin Antik "Lindeteves Stokvis" Ned-Indies (2)









Kipas Angin Antik "Lindeteves Stokvis" Ned-Indies (2)

Keterangan mengenai Kipas Angin dengan merk Lindeteves Stokvis ini pernah saya posting sebelumnya pada tanggal 11 Januari 2012 tahun lalu, dan sekarang saya resposting kembali untuk memberikan keterangan tambahan bahwa ternyata Kipas Angin merk Lindeteves Stokvis dengan design seperti ini termasuk jenis Kipas Angin yang langka dan sudah termasuk kelas Museum, dan ini bukan sekedar basa basi tetapi fakta.

Hal tersebut terbukti pada saat saya mengunjungi Philatelic Museum (Museum Perangko) di Singapore pada bulan Desember 2012 untuk mendapatkan informasi mengenai benda-benda Pos yang terdapat di Museum tersebut. Pada saat memasuki salah satu sisi ruangan di museum tersebut saya mendapati Kipas Angin dengan bentuk sama persis seperti yang saya miliki dipajang disana.

Berikut adalah hasil gambar yang berhasil saya dapatkan disalah satu ruangan tempat dimana Kipas Angin tersebut dipajang :
Philatelic Museum di Singapore


Kipas Angin yang dipajang di Philatelic Museum di Singapore

Pada gambar diatas jika kita melihat dengan jelas tidak bisa dipungkiri bahwa Kipas Angin yang saya miliki sama dengan yang berada di Philatelic Museum di Singapore, dan memang layak untuk jenis Kipas Angin dengan design seperti ini dikoleksi oleh para kolektor.

Kipas Angin ini diproduksi diperkirakan Tahun 1910, terbuat dari bahan Besi dan Kuningan, bentuk design kental dengan nuansa Vintage, memiliki tinggi 45cm dan diameter kepala kipas 32,5cm. 

Kondisi berfungsi dan kepala kipas dapat berputar dengan settingan 3 kecepatan, power supplay menggunakan listrik 110V, seluruh komponen dalam keadaan lengkap dan original, kondisi cat juga masih original.

Panel on/off untuk menggerakkan kepala kipas sangat berbeda dengan Kipas Angin pada umumnya dan motor penggerak juga berbeda, yaitu berada ditengah leher kipas tersebut, berbeda dari yang biasanya dimana motor penggerak terdapat dibelakang kepala kipas.

Berikut adalah sekilas mengenai Lindeteves Stokvis :

Sejarah Lindeteves sebagai Pusat penjualan alat-alat berat tidak terlepas dari keberadaan NV Lindeteves Stokvis & Fa sebagai salah satu unit usaha Pabrikan Kontruksi Baja terkemuka di masa pendudukan VOC. Awalnya Lindeteves Stokvis berkantor pusat di Semarang, memiliki sejumlah kantor cabang di kota-kota besar di Jawa, dan anak Perusahaan seperti NV Rotterdam Internatio, NV Borsumij Maatschappij, NV Geo Wehry dan NV Jacobson Van den Berg, salah satu yang cukup terkenal berada di Surabaya, dimana kantor Lindeteves Stokvis tersebut dirancang khusus oleh Biro Arsitek Hulswit, Fermont & Ed Cuypers dari Batavia dan mulai dibangun pada sekitar Tahun 1910.


Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.Hns.....thanks a lot...Sir) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar