Total Tayangan Halaman

Sabtu, 05 Oktober 2013

Mesin Ketik Royal No.10 Circa 1920


Mesin Ketik Royal yang digunakan di Perkantoran
Pada masa Tempoe Doeloe


























Mesin Ketik Royal No.10 Circa 1920

Mesin Ketik ini memiliki Dimensi P.37cm x L.27cm x T.25cm, dan jika diukur dengan casing nya P.45cm x L.44cm x T.29,5cm. Untuk Mesin Ketik Royal No.10 mulai di produksi di Amerika pada Tahun 1914 dan untuk yang saya miliki ini dengan No. Seri X 820806 diproduksi kurang lebih sekitar Tahun 1920an.

Kondisi masih dalam keadaan baik, berfungsi, lengkap dan original. Pada alas mesin yang terbuat dari bahan kayu oak/eken terdapat plat dari bahan kunigan bertuliskan Importatie SIEDHIANHO & SONS Solo, dan pada tutup mesinnya juga terdapat plat dari bahan kuningan yang bertuliskan nama perusahaan seperti tersebut diatas.

Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa Mesin Ketik Royal No.10 yang saya miliki ini diimport dari Amerika oleh Perusahaan SIEDHIANHO & SONS, dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan SIEDHIANHO & SONS adalah sebuah Perusahaan Percetakan di Kota Solo dimasa Kolonial Belanda yang mulai menjalankan bisnis percetakannya pada Tahun 1902 dengan nama lengkap N.V. Sie Dhian Ho & Sons.

Berikut sejarah The Royal Typewriter Company :




Untuk barang dengan kondisi seperti ini tentunya sangat jarang dijumpai alias langka, terlebih mesin ini masih dalam keadaan baik, berfungsi dan original, tidak hanya sebagai barang antik peninggalan masa lalu saja, tetapi juga memiliki identitas nilai historis atau sejarah yang tak ternilai.

Antik dan Langka, menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar