Total Tayangan Halaman

Sabtu, 01 Maret 2014

Telephone Hemaaf Philips - Nederland
















Telephone Hemaaf Philips - Nederland

Telephone ini adalah salah satu peninggalan jaman kolonial Belanda dengan marking Heemaf yang didistribusikan oleh Perusahaan Philips - Nederland. Diperkirakan telephone ini diproduksi sekitar akhir 1930-an.

Kondisi fisik masih dalam keadaan baik, original, lengkap dan masih berfungsi untuk panggilan keluar dan menerima panggilan. Pada bagian pegangan telephone dan bagian belakang telephone terdapat tulisan PTT (Pos Telegraf dan Telepon), lihat pada gambar no.5 dan no.7 diatas.

Berikut sekilas sejarah mengenai PTT :

Pada tahun 1906, pos di Indonesia pun akhirnya berubah menjadi Posts Telegraafend Telefoon Dienst atau Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT). Layanan pos yang awalnya berpusat di Welrevender (Gambir) juga berpindah ke Dinas Pekerjaan Umum atau Burgerlijke Openbare Werker (BOW) di Bandung pada tahun 1923. Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, Jawatan PTT dikuasai oleh militer Jepang. Angkatan Muda PTT (AMPTT) mengambil alih kekuasaan Jawatan PTT tersebut dan kemudian secara resmi berubah menjadi Jawatan PTT Republik Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 27 September 1945. Hari itu pun diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.

Kabel pada telephone masih menggunakan kabel telephone lama yang terbuat dari bahan kain pada bagian lapisan luarnya, dan lengkap dengan box konektornya yang sudah diberi kabel tambahan untuk langsung bisa terhubung dengan kabel telkom, praktis tinggal siap pakai.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar