Total Tayangan Halaman

Jumat, 07 Maret 2014

Wastafel Lindeteves Stokvis Batavia Circa 1918 "Rare"











Wastafel Lindeteves Stokvis Batavia Circa 1918 "Rare"

Wastafel ini terbuat dari bahan keramik porselen, diproduksi pada tanggal 8 Agustus 1918 sesuai yang tercantum pada bagian belakang Wastafel tersebut "8 8 18", seperti terlihat pada gambar terakhir diatas. Pada bagian belakang terdapat logo perusahaan yang memproduksinya, seperti terlihat pada gambar kedua terakhir diatas. Memiliki ukuran dimensi 35cm x 32cm x 32cm.

Pada bagian depan terdapat marking Lindeteves Stokvis Batavia, dimana hal ini jarang ditemukan pada Wastafel lainnya. Bentuk designnya juga unik yaitu untuk diletakkan pada sudut ruangan dimana untuk masa sekarang design Watafel seperti ini jarang diproduksi lagi.

Watafel untuk sudut ruangan juga menjadi salah satu barang yang dikoleksi oleh Museum Peranakan di Penang Malaysia, sesuai gambar berikut dibawah ini :

Watafel Sudut di Museum Peranakan Penang
(Foto Dokumentasi Pribadi)

Berikut sekilas informasi mengenai Lindeteves Stokvis :
Sejarah Lindeteves sebagai Pusat penjualan alat-alat berat tidak terlepas dari keberadaan NV Lindeteves Stokvis & Fa sebagai salah satu unit usaha Pabrikan Kontruksi Baja terkemuka di masa pendudukan VOC. Awalnya Lindeteves Stokvis berkantor pusat di Semarang, memiliki sejumlah kantor cabang di kota-kota besar di Jawa, dan anak Perusahaan seperti NV Rotterdam InternatioNV Borsumij Maatschappij, NV Geo Wehry dan NV Jacobson Van den Berg, salah satu yang cukup terkenal berada di Surabaya, dimana kantor Lindeteves Stokvis tersebut dirancang khusus oleh Biro Arsitek HulswitFermont & Ed Cuypers dari Batavia dan mulai dibangun pada sekitar Tahun 1910.

Kondisi Wastafel ini masih tampak baik dan sudah dibersihkan dengan pembersih porselen sesuai informasi dari pemiliknya terdahulu sehingga tampak mengkilat, tetapi pada bagian belakang tidak dibersihkan dengan bahan permbersih porselen hanya dibersihkan dengan air saja. Untuk saluran pembuangan air pada Wastafel terbuat dari bahan kuningan yang sudah tampak kusam termakan usia.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi salah satu barang koleksi yang dapat menghiasi salah satu sudut ruangan dirumah anda atau ruangan toilet anda yang bergaya vintage.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar