Total Tayangan Halaman

Sabtu, 20 September 2014

Iklan Enamel "Agfa Foto" Circa 1940-1950 (2)









Iklan Enamel "Agfa Foto" Circa 1940-1950 (2)

Iklan berbahan enamel dan plat besi dengan bentuk Thermometer bertuliskan Agfa Foto ini memiliki ukuran tinggi 99cm dan lebar 22cm. Kondisi masih dalam keadaan sangat baik, bentuk cebung dan original. Thermometer masih berfungsi baik, dan sangat layak pajang. Diperkirakan diproduksi pada tahun 1940-1950. Pada bagian kanan bawah Iklan Enamel terdapat tulisan nama negara pembuat enamel tersebut "Made in Germany".

Agfa adalah perusahaan asal Jerman yang pabriknya mulai didirikan di Berlin pada tahun 1867, awalnya memproduksi bahan kimia untuk Photography, dan kemudian memproduksi film untuk Camera Photo pada Tahun 1892, dan untuk produksi kameranya sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1926.

Berikut sekilas informasi mengenai Agfa :

Saya mendapatkan Iklan Enamel ini dari seorang bapak dari generasi ketiga (sudah almarhum), dan ibu dari generasi keempat yang dahulu memiliki usaha Studio Foto di Surabaya bernama Shu Tai, yang kemudian berubah menjadi Modern Foto.

Awal dirintis usaha Studio Foto ini sekitar pertengahan tahun 1800an dan kemudian usahanya tutup pada tahun 1970an. Berdasarkan informasi Iklan Enamel Thermometer ini diberikan oleh perusahan yang memproduksi plat film untuk kamera foto dengan merk Agfa, yang juga turut dipasarkan oleh Studio Modern Foto ini pada masa itu.

Dibawah ini adalah selembar nota dari Studio Foto tersebut yang masih tersisa :



Pada nota tersebut diatas alamat Studio Foto sengaja dibuat buram, agar tidak dapat terbaca jelas. Hal tersebut dikarenakan untuk kerahasiaan. Berikut juga dengan bukti foto saya bersama pemiliknya sengaja tidak saya tampilkan dikarenakan atas permintaan keluarga bersangkutan.

Iklan berbahan dasar enamel dan plat besi adalah salah satu barang lawas yang menjadi incaran para kolektor barang antik pada saat ini, dikarenakan keberadaannya yang cukup langka alias sangat terbatas jumlahnya. Hal tersebut disebabkan iklan enamel adalah barang yang sengaja diproduksi untuk promosi bukan untuk diperjual belikan. Untuk memprosesnya cukup memakan banyak waktu, biaya dan terkesan rumit tidak seperti iklan promosi yang diproduksi pada saat ini. Disamping itu iklan dengan bahan dasar enamel dan plat besi ini juga sudah tidak banyak diproduksi setelah Perang Dunia II.

Antik, Unik dan Langka, menarik untuk menjadi koleksi.

Keteragan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.L.O.....thanks a lot...Sir) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar