Total Tayangan Halaman

Sabtu, 20 September 2014

Celengan dan Buku Tabungan Postspaarbank


















Celengan dan Buku Tabungan Postspaarbank

Celengan ini memiliki ukuran panjang 13cm, lebar 9cm dan tebal 2,5cm, kondisi masih layak koleksi, bisa digunakan dan lengkap dengan anak kuncinya. Pada bagian depan celengan tertulis nama sebuah bank "Postspaarbank" yang berdiri sejak tahun 1897 berkedudukan di Batavia (Jakarta saat ini) dan merupakan cikal bakal dari lahirnya Bank BTN.

Pada masa itu kemungkinan celengan ini merupakan souvenir yang dibagikan kepada para nasabah dan karyawan oleh bank tersebut dengan tujuan agar gemar menabung. Celengan ini biasa disebut "Book Bank" karena bentuknya seperti buku (handbook) dan mudah dibawa bepergian. Terbuat dari bahan semacam kulit oscar pada bagian depan (covernya) dan bagian dalam terbuat dari bahan logam semacam besi. 

Pada bagian celengan tersebut ada tertulis San Francisco USA Patened July 3 1923, perlu diketahui bahwa barang seperti ini sudah agak sulit ditemukan terutama lengkap bersama dengan anak kuncinya, langka dan menarik untuk dikoleksi.

Untuk buku tabungannya memiliki ukuran lebih kurang panjang 17cm dan lebar 12cm, masih dalam kondisi cukup baik, tercatat atas nama Kho Gun Foen, nasabah cabang Soerabaja, tanggal 12 Juni 1947, dengan No. 351 serie N C.

Jika kita mencermati sejarah dari Postspaarbank seharusnya bank tersebut sudah tidak beroperasi lagi setelah Jepang datang di Indonesia, dimana nama bank berubah menjadi Tyokin Kyoku, dan selanjutnya menjadi Kantor Tabungan Pos, dan kemudian menjadi Tabungan Pos Republik Indonesia.

Sejarah Postspaarbank pernah saya tayangkan pada postingan terdahulu seperti berikut ini, baca :  http://antiquekunodandjadoel.blogspot.com/2013/05/sejarah-postspaarbank-sebelum-lahirnya.html

Dengan adanya Buku Tabungan Postspaarbank yang saya dapatkan berlaku pada 12 Juni 1947 ini, maka dapat disimpulkan bahwa kejadian ini tergolong langka terjadi, karena bank tersebut masih beroperasi pada saat itu. Tercatat nasabah bersangkutan menabung hingga tanggal 19 Maret 1950, dan pada buku tabungan terdapat keterangan "Dipindahkan ke rekening Pindjaman Negara 3% 1950 RIS" (lihat pada gambar 2 terakhir diatas atau gambar 15).

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT Thanks for Mr.Tom-Jkt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar