Total Tayangan Halaman

Minggu, 21 September 2014

Jam Dinding Antik M. Nitisemito Circa 1905

















Jam Dinding Antik M. Nitisemito Circa 1905

Pada jaman Kolonial Belanda jam lubang 2 (jam tengahan) dengan marking M. Nitisemito ini kemungkinan diberikan kepada warung rokok atau distributor rokok pada masa itu.

Kondisi original dan mesin jam masih berfungsi baik. Casing pada jam terbuat dari bahan kayu oak/eken dengan kondisi masih dalam keadaan baik. Ukuran dimensi casing jam tinggi 71,5cm, lebar muka 33,5cm dan lebar samping 15cm. 

Dial dan Pendulum jam terdapat tulisan dan logo M. Nitisemito, dengan diameter berukuran 20,5cm dan 11,5cm. Pada mesin jam tidak terdapat merk dari jam tersebut, tetapi dari struktur mesin dapat dilihat bahwa jam ini adalah buatan Jerman keluaran fabrikan dari Mauthe, dengan no.seri mesin 270505 (diproduksi pada tahun 1905 s/d 1910 - no.seri 266693 s/d 445285), seperti tampak pada gambar terakhir diatas. 

Hal tersebut dapat dilihat juga dari tulisan pada gong jam "Viola - Gong DRGM" dimana berdasarkan informasi yang saya dapatkan merupakan merk dagang dari Friedrich Mauthe, Schwenningen-Germany. 


Saya tertarik untuk mengkoleksi jam ini, karena kondisinya yang masih sangat baik dan original. Walaupun nilai harganya kebetulan saya dapat cukup tinggi dari pemiliknya Mr.S di Jakarta yang juga merupakan teman baik dan penggemar barang antik, tetapi karena keberadaannya juga jarang kita temukan alias langka, maka saya memberanikan diri untuk mendapatkannya, disamping itu jam M. Nitisemito ini juga mengandung nilai sejarah tersendiri. 

HM. Nitisemito
Kretek Koning van Koedoes


Rumah HM. Nitisemito

Nitisemito lahir di Kudus pada tahun 1836 dan meninggal pada tahun 1953. Perdagangan Rokok Kretek berawal dari pernikahannya pada tahun 1894 dengan Mbok Nasilah yang tidak lain adalah juga pengusaha tembakau. Usahanya mulai meningkat pada tahun 1916 dan puncak kejayaan Nitisemito terjadi pada tahun 1918 pada saat mendirikan pabrik rokoknya di Desa Jati dengan nama rokoknya Tjap Bal Tiga.

Etiket M. Nitisemito Tjap Bal Tiga

Salah satu bentuk promosi Rokok Kretek M. Nitisemito tahun 1920an
Koleksi Foto dari Mark Hanusz


Berikut sekilas informasi sejarah Nitisemito :

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.Hns.....thanks a lot Sir...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar