Total Tayangan Halaman

Selasa, 02 Desember 2014

Jam Dinding Antik Mauthe Circa 1910

















Jam Dinding Antik Mauthe Circa 1910

Jam dinding ini memiliki ukuran diameter permukaan plat atau dial kurang lebih 20,5cm, casing pada Jam memiliki ukuran keseluruhan kurang lebih tinggi 74cm (sampai dengan mahkota pada bagian atas), lebar bagian muka 38cm dan lebar samping 19cm. Kondisi Jam original dan mesin mekanik pada Jam masih berfungsi baik. 

Casing pada Jam terbuat dari bahan kayu oak/eken dengan kondisi masih dalam keadaan baik, hanya terdapat sedikit lubang pada bagian belakangnya, seperti tampak pada gambar terakhir diatas yang diberi tanda anak panah berwarna merah. Pada casing bagian samping juga terdapat sangkutan kunci pintu yang hilang satu, seperti tampak pada gambar no.5 diatas yang diberikan tanda anak panah berwarna merah. Kaca pada Jam masih bawaan awal alias original, pada bagian bawah kaca befel dan bagian atas kaca dengan permukaan cembung.

Jam ini berbunyi setiap jam dan setengah jam (biasa dikenal dengan nama Jam Tengahan). Pada mesin Jam tidak terdapat merk dari Jam tersebut, tetapi dari struktur mesin dapat dilihat bahwa Jam ini adalah buatan Jerman keluaran fabrikan dari Mauthe, dengan no.seri mesin 470475 (diproduksi pada tahun 1910 s/d 1915 - no.seri 445285 s/d 640793), seperti tampak pada gambar urutan dua terakhir diatas. 

Identifikasi lain juga bisa dilihat dari tulisan pada gong Jam yang menempel pada casing tersebut, dimana terdapat tulisan "Viola - Gong DRGM", berdasarkan informasi yang saya dapatkan merupakan merk dagang dari Friedrich Mauthe, Schwenningen-Germany. 


Jam antik ini struktur mesinnya sama dengan struktur mesin yang terdapat pada Jam Nitisemito yang pernah saya miliki, berikut gambar mesin dari Jam Nitisemito :



Untuk gong pada Jam antik ini juga terdapat merk yang sama dengan gong pada Jam Nitisemito yang pernah saya miliki, berikut adalah gambarnya :



Antik, Unik dan Menarik layak untuk menjadi barang koleksi.


Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar