Total Tayangan Halaman

Jumat, 05 Juni 2015

Antique Voigtlander Brass Lens Circa Mid 1800 "Rare"








Antique Voigtlander Brass Lens Circa Mid 1800 "Rare"

Ini adalah lensa yang termasuk jenis lensa kamera langka, karena merupakan generasi awal dari seluruh lensa yang pernah dibuat, dan lensa ini merupakan salah satu koleksi lensa kamera milik saya yang terbaik dan terbesar dari lensa lainnya yang saya miliki. Jenis lensa ini dikenal dengan nama Petzval Lens, dikembangkan oleh Josef Petsval pada era tahun 1840an.

The Petzval Lens (atau lensa portrait Petzval) adalah desain lensa terkenal tertua untuk fotografi. Ini dihitung dan dirancang oleh seorang ahli matematika dan fisikawan asal Slovakia "Jozef Maximilian Petzval", dan pertama kali digunakan untuk kamera awal didunia berbahan logam dengan merk VOIGTLANDER "Daguerreotyp-Apparat zum Portraitiren" pada tahun 1841. 

Itu adalah lensa kamera pertama yang dibuat atas dasar perhitungan ilmiah, dan lensa tercepat pada masanya, dengan aperture sekitar f3.5 (jika dibandingkan dengan tipe lensa dengan aperture f16 atau lensa kamera tipe kontemporer lainnya). Peningkatan 4-5 stop dapat mengurangi waktu rata-rata  Daguerreotype Exposure Time sekitar 10 menit sampai 30 detik.

Desain ini memiliki dua elemen doublet terpisah, depan satu disemen dan satu belakang dengan celah udara. Aperture Stop ditempatkan diantara dua doublet. 

Sumber informasi :

Merk lensa ini adalah Voightlander & Sohn in Wien und Braunschweig dengan serial number 6202 dan berdasarkan nomor tersebut teridentifikasi bahwa lensa tersebut diproduksi sekitar tahun 1856. Berikut dibawah adalah tahun produksi berdasarkan nomor seri yang tercantum pada lensa merk Voightlander & Sohn :

Voigtlander Lens Serial Number

Lensa ini berdasarkan informasi digunaan pada masa itu untuk Camera Obscura (http://www.wisskab.com/presse/5_weber-unger.pdf), dan tergolong lensa berkelas dan langka.


Dibawah ini adalah salah satu jenis kamera Obscura yang saya miliki :




Kondisi lensa masih berfungsi baik dan dapat digunakan untuk pemotretan. Pada lensa terdapat flek atau bercak pada fisik bagian luarnya, dan jika saya berkeinginan untuk dibersihkan dengan cairan bahan khusus, maka flek dan bercak tersebut pasti bisa hilang, namun kondisi apa adanya seperti ini lebih terkesan original dan terlihat antik. Kaca pada lensa masih terbilang bening dan mulus, tidak ada retak, cuil ataupun berjamur.

Bahan lensa terbuat dari kuningan dengan bobot cukup berat, dengan ukuran panjang lensa 19,5cm dan diameter lensa 9,5cm. Untuk diameter lens hood pada bagian depan lensa sekitar 11,5cm.

Gambar dibawah ini menjelaskan bahwa lensa masih dapat digerakkan ke depan dan ke belakang yang bertujuan untuk mencari fokus pada gambar atau objek yang akan dibidik atau difoto.




Pada gambar dibawah menerangkan bahwa drat pada ring bagian lensa masih utuh dan baik, sehingga bagian-bagian pada lensa lainnya masih dapat dilepas atau dipisahkan, kaca lensa dan bagian dalam lensa masih dapat dibersihkan jika tampak kelihatan berdebu atau kotor.












Untuk harga jenis lensa Petsval dengan merk Voigtlander yang saya miliki ini ternyata dipasaran luar terbilang sangat mahal, penawaran harga sekitar Rp.160 juta lebih, dan ini sebenarnya merupakan lensa yang sangat dicari dan diminati oleh para kolektor kamera tua.

"karena harganya terbilang mahal jadi kemungkinan banyak yang berpikir panjang untuk mendapatkannya".

Berikut adalah informasi harga dari lensa tersebut dipasaran luar :




Sungguh luar biasa ternyata barang koleksi saya yang satu ini, mungkin menurut sebagian orang penggemar barang antik barang tersebut terbilang biasa saja namun jika kita cermati, maka pendapat tersebut bisa jadi salah, karena dibalik itu ternyata barang tersebut menyimpan suatu nilai sejarah dan harga yang tak ternilai. Tidak ada salahnya saya menjuluki lensa kamera saya yang satu ini dengan julukan The King of Camera Lens. Apakah Anda memiliki lensa kamera yang lebih dari ini ??

Antik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar