Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 September 2018

Antique Hot Air Fan "Stirling Engine" Germany Circa Early 1900













Antique Hot Air Fan "Stirling Engine" Germany Circa Early 1900

Kipas Angin ini original tua dan berfungsi normal. Mesin menggunakan prinsip mesin Stirling, dimana ditemukan oleh Dr Robert Stirling dan dipatenkan oleh dia pada tahun 1816. Biasa dikenal juga dengan nama mesin kalor, dimana didefinisikan sebagai mesin regenerasi udara panas siklus tertutup. Adanya pertukaran suhu tinggi dan suhu rendah pada sisi ruang pada silinder membuat adanya kompresi atau tekanan yang dapat menggerakkan mesin pada kipas angin tersebut.

Berikut informasi mengenai motor bakar Stirling :

 
Bahan kipas angin ini sebagian besar komponen terbuat dari plat kuningan dilapisi silver plate dan besi baja. Oleh karena pemakaian dan usia lapisan silver pada kipas angin sudah sebagian besar terkikis habis. Bentuk design terlihat cantik khas eropa dengan buatan sangat halus dan detail. Berdasarkan informasi kipas angin ini diproduksi sekitar awal tahun 1900an (tahun 1905 s/d 1910).
 
Ukuran kipas angin tinggi sampai dengan baling-baling 54cm, tinggi sampai dengan handle atas 48cm, diameter kaki kipas 20cm, dan diameter baling-baling kipas 36cm. 

Kondisi kipas angin secara keseluruhan masih baik, lengkap dan layak koleksi. Mesin kipas dapat bergerak dengan tenaga penggerak menggunakan panas udara dengan sumbernya berasal dari api pada tungku minyak dengan bahan bakar minyak tanah atau spirtus.
 
Kipas dapat bergerak baik dan stabil jika diletakkan didalam ruangan, karena kondisi api pada tungku akan stabil tidak terkena hempasan angin, sehingga tabung silinder pada mesin kipas dapat terkena panas secara konstan.

Berikut adalah Video dari kipas angin tersebut:
 

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Privat Collection)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar