Total Tayangan Halaman

Jumat, 23 November 2018

Lien Antik Era Dynasti Qing (Ching) Circa 1800















Lien Antik Era Dynasti Qing (Ching) Circa 1800

Papan Lien ini memiliki ukuran 125cm x 60cm. Bahan terbuat dari kayu dengan warna prada dan gincu masih original, walaupun terlihat sudah agak kusam. Pada papan Lien tersebut terdapat frame yang mengelilingi papan. Bentuk design pada huruf kanji cina tampak timbul berikut juga dengan gambar hewan kelelawar dengan kepala menghadap kebawah seperti tampak pada bagian atas papan Lien, dan gambar buah delima dengan batang daunya yang terdapat pada bagian bawah papan Lien. Bentuk papan Lien yang seperti ini terbilang sangat jarang ditemukan alias langka.

Kondisi papan Lien secara keseluruhan masih tampak baik dan sangat layak koleksi. Berdasarkan informasi dari kawan saya Mr. Ms yang merupakan salah satu kurator dari Denindo Action yang memahami nilai seni dari Lien tersebut, bahwa Lien ini dahulu dibuat pada masa era Dynasti Qing (Ching).

Pada masa itu Lien ini sengaja dipesan khusus oleh pemilik Lien tersebut yang tentunya berasal dari golongan kaum bangsawan yang tersohor pada masa itu. Hal tersebut terlihat dari makna tulisan yang tercantum dari papan Lien tersebut yang berbunyi "Jin Yu Man Tang" yang artinya Emas dan Permata (Giok) memenuhi ruangan. Dari makna yang tercantum pada papan Lien tersebut bisa disimpulkan bahwa pemiliknya dahulu tentulah bukan orang biasa saja, dan bisa dipastikan berasal dari kaum bangsawan atau bisa jadi dari kalangan kerajaan pada masa itu.

Papan Lien dan pemilik biasanya merupakan satu kesatuan atau satu jiwa yang menggambarkan identitas orang atau pemilik papan Lien tersebut. Karena pada masa itu dibuat atas permintaan si pemilik papan Lien kepada orang ahli atau seniman yang sangat memahami cara membuat papan Lien dengan baik dan benar, dan si pembuat papan Lien ini juga tentunya adalah bukan orang biasa pada masa itu. Hal tersebut terlihat dari marking yang terdapat pada papan Lien tersebut seperti tampak pada gambar diatas. Marking pada papan Lien biasanya adalah memberikan arti makna indentitas nama si pembuat dan marganya serta nama orang pemilik papan Lien tersebut.

Antik dan Langka. Menarik untuk dijadikan barang koleksi sekaligus dapat menghiasi ruangan dinding dirumah anda yang bergaya oriental.

Keterangan : SOLD OUT (Ex Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar