Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Mei 2019

Timbangan Salters Antik - British


















Timbangan Salters Antik - British

Timbangan ini adalah merk Salters buatan Inggris diproduksi sekitar tahun 1800an akhir. Memiliki ukuran lebih kurang tinggi 35cm, lebar muka kaki timbangan 27cm, lebar samping kaki timbangan 20cm dan diameter plat porcelen timbanga 19cm. Untuk alas timbangan atas panjang 35.5cm dan lebar 23cm. 

Pada masa itu kemungkinan timbangan ini biasa digunakan untuk menimbang barang dengan berat maksimal 10kg. Terbuat dari bahan besi dan skala terbuat dari bahan porcelen atau enamel. Kondisi masih berfungsi, original, dan lengkap. Untuk kondisi cat pada timbangan masih original dan kondisi enamel masih baik dan utuh.

Usia untuk timbangan ini diperkirakan sudah cukup tua, melihat dari kondisi dan tulisannya yang tercantum pada skala timbangan masih menggunakan ejaan berbahasa Belanda dan bahasa Indonesia ejaan lama Van Ophuijsen (ejaan tahun 1901 s/d tahun 1947). 

Motif pada timbangan tampak menarik dengan motif ukiran khas eropa. Khusus untuk skala pada timbangan yang terbuat dari bahan enamel atau porcelain biasanya ditemukan sudah banyak yang rusak, retak ataupun cuil, namun untuk timbangan yang saya miiki ini masih sangat utuh, tidak ada retak atau cuil.

Saya tertarik dengan timbangan ini karena bentuk fisiknya masih dalam kondisi baik, lengkap dan orginal, dan selain itu identitas barang peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda cukup jelas terlihat, dimana terdapat tulisan berbahasa Belanda dan Indonesia Ejaan Lama pada skala timbangan tersebut.

Antik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi dan sangat bernilai sebagai barang sejarah peninggalan masa Kolonial Belanda pada masa itu.

Keterangan : SOLD OUT Thanks Mr. Fr - Bks (Barang Ex Koleksi Pribadi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar