Total Tayangan Halaman

Kamis, 10 September 2020

Jam Meja Prancis Antik

 























Jam Meja Prancis Antik

Jam ini adalah jam mewah buatan Prancis dan asli barang tua. Dibuat pada tahun 1850 s/d 1900. Bahan terbuat dari timah lapis warna emas (merupakan ciri khas jam buatan lama dimana biasa dibuat dari bahan timah dan juga tembaga/bronze). Kondisi jam original masih berfungsi normal, lengkap, sangat layak pajang dan koleksi.

Pada mesin bagian belakang terdapat nomor seri dengan 3 digit "252" yang kemungkinan dibuat pada awal dimasanya. Terdapat juga kode angka "72" dan logo bergambar bintang dengan nama pembuatnya "AD Mougin", serta terdapat tulisan "Deux Medailles" yang artinya menegaskan bahwa ini merupakan jam terbaik dimasanya, karena memenangkan dua medali emas di pameran untuk jamnya.

Berikut sekilas informasi mengenai AD Mougin :

AD Mougin adalah pembuat jam Prancis terkenal yang bekerja pada pertengahan abad kesembilan belas.

Dia diketahui telah membuat jam di wilayah pembuatan jam Prancis di Montbeliard (yang dekat dengan perbatasan Swiss) dan juga terdaftar sebagai memiliki tempat di Rue de Turenne di Paris.

Dia memenangkan dua medali emas di pameran untuk jamnya dan menggunakan ini sebagai dasar untuk merek dagangnya yang mengandung 'Deux Medailles'. Merek dagang ini biasanya dapat ditemukan tertera di bagian belakang jamnya.


Motif pada jam ini terdapat simbol pohon anggur yang melingkar pada pintu penutup saluran air dan juga terdapat patung seorang pria yang sedang mengambil hasil panenya berupa buah anggur yang diletakkan dibelakang punggungnya (merupakan ciri khas negara Prancis dengan penghasil anggur terbaik, dan juga sebagai bahan dasar pembuatan minuman Wine). Bisa disimpulkan bahwa tersirat menggambarkan sebuah kemakmuran dengan hasil panen yang melimpah.




Berikut adalah beberapa contoh jam buatan Prancis dengan tampilan dial dan bagian belakang yang mirip dengan jam yang ditawarkan ini :







Ukuran jam ini memiliki dimensi secara keseluruhan lebih kurang 36cm x 12cm x 40cm (lebar muka x lebar samping x tinggi). Diukur sampai dengan bagian luar kaki jam yang berbentuk kaki singa dan juga sampai atas motif pintu air dan pohon anggur.

Antik, unik dan langka. Menarik untuk menjadi barang koleksi sekaligus dapat menghiasi ruang tamu dirumah anda.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar