Total Tayangan Halaman

Jumat, 09 November 2012

Edison Diamond Model B Reproducer with Cygnet Horn Phonograph - USA Circa 1903
































Edison Diamond Model B Reproducer with Cygnet Horn Phonograph - USA Circa 1903

Alat ini biasa dikenal dengan sebutan Phonograph atau biasa juga orang menyebutnya dengan nama Gramaphone, dimana mulai diperkenalkan oleh Thomas Edison pertama kalinya di Menlo Park, New Jersey, USA pada Tahun 1877, dan khusus tipe mesin yang seperti ini pertama kali mulai diproduksi pada Tahun 1888, tepatnya pada Tanggal 8 May 1888, seperti yang tercantum pada plat yang menempel pada mesin Phonograph ini.

Khusus untuk mesin Phonograph yang saya miliki ini diproduksi pada Tanggal 17 November 1903, lengkap dengan Amberol Records dan Edison Oiler Can, memiliki ukuran Panjang 34cm, Lebar 24cm dan Tinggi keseluruhan 98cm. Untuk corongnya yang dikenal dengan nama Cygnet Horn ini memiliki diameter 48,5cm diproduksi awal 1905 dan akhir tahun 1907. Kondisi orisinil, masih sangat baik, lengkap dan berfungsi. Merupakan penyempurnaan produksi sebelumnya, dan bisa dikatakan sebagai Masterpiece Edison Phonograph dari seluruh jenis Edison Phonograph yang pernah diproduksi untuk tipe sejenis yang memiliki corong. 

Phonograph dengan bentuk seperti ini menurut saya lebih kelihatan cantik, menarik dan mewah dari segi penampilannya. Reproducer atau Soundboxnya juga dibuat dari bahan berkualitas, dimana jarum yang menempel pada body Reproducer tersebut dibuat dari bahan Diamond (jarum pada Soundbox pada masa kini biasa disebut mata head/jarum head, yang terdapat pada Cassete Tape). Diamond biasa kita kenal sebagai batu permata untuk perhiasan cicin atau kalung, dan karena bahannya dikenal sangat keras dan kuat, maka dipakai juga untuk mata bor penggalian minyak lepas pantai. Tentunya pada Soundbox atau Reproducer ini kita tidak perlu mengganti jarumnya lagi seperti jenis Gramaphone pada umumnya, karena bahan tersebut sangat keras, lebih keras dari jenis baja atau batu manapun juga.

Untuk tabung musiknya atau Cylindernya biasa dikenal dengan nama Amberol Records atau Edison Records, dimana pada Phonograph ini ada terdapat 5 tabung Amberol Records yang masih dalam kondisi cukup baik bisa didengar, warna dan bahan khusus model seperti ini berbeda dari yang sebelumnya, biasa dikenal dengan nama Blue Amberol Record. Bahan Cylinder untuk yang ini lebih kuat dan kemungkinan khusus dibuat untuk Phonograph yang menggunakan Diamond model B Reproducer, pada casingnya terdapat identitas tahun pembuatannya yaitu 12 July 1910.

Bentuk plat musik berbentuk tabung seperti ini sangatlah berbeda dengan yang banyak kita jumpai selama ini, yaitu biasanya berbentuk seperti piringan hitam yang banyak digunakan untuk Gramaphone pada umumnya.

Berikut informasi mengenai Edison Phonograph Records & Cylinder :

Berikut adalah gambar Edison Phonograph yang berada di Museum Edison :

The Thomas Edison National Historic Park in West Orange is the site of the inventor’s home from 1886 until his death in 1931, his laboratory complex, invention factory and workshop.

In the Thomas A. Edison Museum in Edison, visitors can 
explore the inventorâ s home, his laboratory, factory, and workshop.


Antik, Unik dan Langka, menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.Az.....thanks a lot...Sir...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar