Total Tayangan Halaman

Kamis, 08 November 2012

The Singer 12 New Family Machine Circa 1885


























The Singer 12 New Family Machine Circa 1885

Mesin Jahit Singer ini memiliki Panjang 38cm, Lebar 16cm dan Tinggi 19cm, jika dengan boxnya memiliki Panjang 44cm, Lebar 24 dan Tinggi 28cm. Kondisi fisik masih sangat mulus, berfungsi dan lengkap. Prada dan Cat nya masih tergolong utuh dan terlihat nyaris seperti baru. Bentuk dan Motif yang terlukis pada bodynya terlihat sangat indah dan klasik. Tipe seperti ini dikenal dengan nama New Family Machine.

Untuk jenis seperti ini mulai diperkenalkan di Amerika pada tahun 1863 dan untuk di Inggris 1866, dimana design mesin ini kelihatannya begitu fenomenal dimasanya sehingga banyak di copy oleh hampir semua produsen mesin jahit lainnya. 

Untuk mesin jahit yang saya miliki ini diproduksi pada tahun 1885 sesuai no seri yang tercantum pada mesin jahit tersebut seperti tampak pada gambar no.23 (no seri 6837416) dan awal diproduksinya untuk jenis dan acessories seperti ini yaitu pada tahun 1874 (no seri 1726616).

Singer Corporation adalah produsen mesin jahit, pertama kali didirikan sebagai IM Singer & Co pada tahun 1851 oleh Isaac Merritt Singer dengan pengacara New York Edward Clark. Pada tahun 1863 mengganti namanya menjadi Singer Manufacturing Company, dan kembali berubah nama pada tahun 1963 menjadi The Singer Company. Saat ini berbasis di La Vergne, Tennessee dekat Nashville. Pabrik pertama yang besar untuk produksi massal dibangun di Elizabeth, New Jersey pada tahun 1863.

Berikut sekilas informasi mengenai perusahaan mesin jahit Singer dan nomor seri pembuatan untuk tipe New Family Machine :


Sekilas informasi untuk tipe seperti ini yang yang berada di museum :


Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (dikarenakan ada yang berminat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Mr.Wd.....thanks a lot...Sir...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar