Total Tayangan Halaman

Kamis, 08 November 2012

Midget Sewing Machine Circa 1900














Midget Sewing Machine Circa 1900

Mesin Jahit dengan merk Midget ini kemungkinan diproduksi pada awal tahun 1900, memiliki ukuran kecil, Panjang 11,5cm, Lebar 6cm dan Tinggi 19,5cm, jika dengan boxnya memiliki Panjang 17cm, Lebar 10cm dan Tinggi 21cm. Kondisi fisik masih sangat mulus, berfungsi dan masih tergolong lengkap. Prada dan Cat nya masih orisinil utuh dan terlihat nyaris seperti baru. 

Midget Sewing Machine ini diproduksi oleh Foley & Williams Manufacturing Company di Chicago, USA dimana awal beroperasi perusahaan tersebut pada tahun 1870. Ini adalah mesin dengan variasi pertama yang menggunakan tembaga-flash yang jarang dijumpai pada mesin jahit kecil jenis lainnya yang sejenis.

Untuk jenis mesin jahit seperti ini menurut informasi yang saya dapatkan ada perbedaan dikalangan kolektor, apakah mesin ini diproduksi termasuk jenis mainan atau untuk orang dewasa, karena mesin ini digambarkan dalam iklan pada masa itu sebagai mesin jahit tangan untuk rumah tangga atau mesin jahit keluarga, atau untuk digunakan saat berpergian, kindergartners biasa orang menyebutnya.

Mesin Jahit dengan merk Midget ini pernah muncul pada lelang Christie's di 14 Februari 2000, London, South Kensington, seperti tampak pada gambar dan keterangan pada blogs dibawah ini :


Pada gambar No.14 adalah mesin dengan merk Midget.

Berikut sekilas informasi mengenai mesin jahit tersebut:

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi

1 komentar:

  1. Koleksi Mesin2 jahit yang indah dan terawat .
    Apakah ini hanya untuk koleksi pribadi ~ not for sale ? Thx.

    BalasHapus