Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Desember 2013

Jam Dinding "Junghans" Tan Tjeng Hoey Buitenzorg - Circa 1921




















Jam Dinding "Junghans" Tan Tjeng Hoey Buitenzorg - Circa 1921

Jam Dinding ini memiliki dial berdiameter 19cm, tinggi 65cm, lebar depan 29cm dan lebar samping 15,5cm. Kondisi mesin masih berfungsi dengan baik, dan fisik Jam secara keseluruhan masih tampak baik, tetapi casing sudah diplitur ulang. Komponen pada Jam masih tergolong lengkap dan original

Pada permukaan Jam terdapat nama Tan Tjeng Hoe - Buitenzorg, yang tidak lain adalah nama  pemiliknya pada masa itu yang pernah tinggal di kota Buitenzorg (Bogor sebutannya untuk sekarang ini). 

Pada masa itu tidak menutup kemungkinan orang bisa memesan Jam dengan memberi nama pribadi atau nama perusahaan, yang tentunya jika nama orang pribadi pastilah bukan orang dari kalangan biasa, mengingat untuk sengaja memesan dengan memberikan nama pribadi pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jam ini memiliki 2 lubang kunci dengan senar berbentuk melingkar, diproduksi sekitar bulan Juli s/d Desember tahun 1921. Bunyi dentangan pada jam terdengar cukup keras dan menggema. Berbunyi setiap jam dan setengah jam (dikenal dengan nama Jam Tengahan). 

Unik dan Menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar