Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Desember 2013

Jam Saku "Reform Watch" Khouw Koan Batavia















Jam Saku "Reform Watch" Khouw Koan Batavia

Jam Saku dengan merk Reform Watch ini adalah merupakan edisi khusus, dimana Reform Watch menjadi sponsor penyelenggaraan Grand Prix di Paris 1900.

Reform Watch menurut informasi yang saya dapatkan diproduksi oleh Georges Favre - Jacot & Co, Manufaktur Jam Zenith, dan didaftarkan pada tahun 1898 didaerah La Locle, Swiss

Pada casing Jam juga terdapat penghargaan dengan mendapat medali D OR GENEVE 1896, yang menandakan bahwa Jam ini merupakan Jam dengan kualitas terbaik.

Pada gambar no.4 terdapat anak panah berwarna kuning yang menunjukkan tombol yang harus ditekan kemudian bagian mahkota atau crown diputar jika ingin menepatkan tanda waktu jam.

Berikut sekilas informasi mengenai nama-nama Jam produksi Georges Favre - Jacot & Co :


Berikut informasi mengenai Grand Prix Paris 1900 :
Pada Tahun 1899, James Gordon Bennett pemilik dari New York Herald yang berkantor di Paris menawarkan ACF sebagai Piala resmi bergilir setiap tahunnya untuk klub-klub mobil di berbagai negara, dimana mereka harus memilih tim mereka sendiri driver dan mobilnya. Pada Tahun 1900 adalah pertama kali diadakan lomba balap mobil dengan Sirkuit tertutup dan tantangan Internasional Piala Lomba diadakan pertama kali pada tahun 1900 - 1905 di Paris.

Berikut sekilas informasi mengenai Grand Prix History :


Jam ini terbuat dari bahan Perak 900 dan bahan dialnya terbuat dari bahan Porselen, memiliki diameter 45mm (4,5cm) dan tebal 13mm (1,3cm), kondisi orisinil, masih sangat baik dan layak koleksi. Mesin Jam masih berfungsi dengan normal dan terdapat tulisan pada dialnya "Khouw-Koan Batavia". 

Jam yang memiliki identitas nama orang dan kota tentulah sangat jarang dijumpai alias langka, terlebih pada tutup mesin pada bagian luar dan dalam Jam tersebut terdapat tanda stampel bergambar Singa seperti yang terlihat pada gambar diatas. Kemungkinan pada masa itu Jam dengan kondisi seperti ini adalah merupakan pesanan atau sengaja dibuat untuk edisi khusus.

Lambang bergambar Singa sedang berdiri dan menghadap kesebelah kiri pada Jam tersebut mirip dengan gambar Singa pada Koin Belanda 6S tahun 1761 yang saya miliki seperti contoh dibawah ini :



Setidaknya saya mencatat beberapa keistimewaan dari Jam ini, yaitu :

1. Terbuat dari bahan Perak yang cukup tinggi 0.900 biasanya yang umum 0.800.
2. Jam yang merupakan edisi khusus "Grand Prix Paris 1900" yang tentunya memiliki kualitas dan harga yang lebih.
3. Terdapat tanda stempel bergambar Singa pada casing yang kemungkinan merupakan pesanan khusus.
4. Jam yang dibuat oleh perusahaan pembuat jam Zenith yang merupakan merk terkenal.
5. Terdapat nama Khouw Koan, pemilik Jam saku ini yang tentunya bukanlah orang dari kalangan biasa pada masa itu, dan nama kota dengan ejaan lama Batavia.
6. Terdapat tanda penghargaan Medaille D Or Geneve 1896.
7. Kondisi Jam yang masih orisinil, sangat baik dan berfungsi sehingga sangat layak untuk dikoleksi.

Antik, Unik dan Menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar