Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Desember 2013

Jam Dinding "Meiji" Japan















Jam Dinding "Meiji" Japan

Jam Dinding ini memiliki dimensi 72cm x 30cm x 16cm, dengan dial berdiameter 19cm. Kondisi mesin masih berfungsi dengan baik, dan fisik Jam secara keseluruhan masih tampak baik. Untuk casing terbuat dari bahan kayu oak/eken dengan kondisi masih sangat baik. Pada casing bagian samping terdapat huruf kanji Cina, seperti tampak pada gambar diatas.

Untuk dial pada jam terbuat dari bahan bakelit atau plastik keras, hal ini jarang dijumpai untuk Jam dinding dengan bentuk seperti ini (design art deco). Pada bagian dalam casing Jam terdapat water pass yang sengaja dipasang oleh pemiliknya terdahulu untuk mengetahui ketepatan penempatan Jam pada dinding. 

Khusus untuk lubang pengait yang biasa terdapat pada pintu Jam sudah tidak ada, tetapi pintu pada Jam masih dapat tertutup rapat karena pada casing masih terdapat besi yang menonjol yang berfungsi untuk mengunci pintu agar dapat tertutup rapat, seperti tampak pada gambar no.11 diatas. 

Jam ini diperkirakan diproduksi sekitar pertengahan tahun 1940an, karena berdasarkan informasi yang saya dapatkan Meiji memproduksi Jam sekitar tahun 1868 s/d 1945. 

Berikut sekilas informasi mengenai produksi merk Jam Jepang, dimana diantaranya terdapat informasi mengenai Era Meiji :


Jam dua lubang ini memiliki senar berjumlah dua buah dengan bunyi dentangan 2 kali (ding dong). Bunyi dentangan pada Jam terdengar cukup keras dan menggema. Berbunyi setiap jam dan setengah jam (dikenal dengan nama Jam Tengahan). 

Unik dan Menarik untuk menjadi koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar