Total Tayangan Halaman

Sabtu, 05 April 2014

Foto Oriental Antik "Nyonya - Baba" Era 1800an










Foto Oriental Antik "Nyonya - Baba" Era 1800an

Foto yang biasa dikenal dengan "Nyonya-Baba" atau "Baba-Nyonya" ini diperkirakan ada pada era tahun 1800an s/d awal 1900. Penyebutan diawal biasanya orang tersebut dari keturunan dengan derajat yang lebih tinggi sehingga posisi foto akan menentukan dikanan atau dikiri. 

Kebanyakan jika kita temukan foto-foto tersebut bergambar orang atau keluarga dari keturunan kaum Tionghoa sehingga biasa disebut juga foto khas Oriental atau Peranakan (tergantung dari cara mereka berpakaian atau jenis pakaian yang biasa dikenakan). 

Pada masa itu dijaman kolonial Belanda kebanyakan kaum Tionghoa hidup sebagai kaum pengusaha yang sukses atau biasa disebut juga kaum bangsawan sehingga bisa dikatakan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat berpose dengan foto-foto seperti ini. 

Untuk mendokumentasikan sebuah momen baik itu foto keluarga ataupun foto diri pada masa itu biaya yang dikeluarkan pastilah cukup besar karena memang untuk mengabadikan sebuah momen melalui foto prosesnya cukup rumit sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit alias mahal.

Bentuk foto yang mirip dengan lukisan ini tetunya biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal lagi sebab prosesnya untuk pewarnaannya sangat manual dengan cara ditusir layaknya seperti orang melukis. Pada masa itu kebanyakan kaum bangsawan menginginkan fotonya terlihat alami seperti warna pakaian yang dikenakannya sebab dimasa itu hanya ada foto hitam putih saja alias tidak berwarna, sehingga perlu ada proses tambahan untuk pewarnaanya. Hasil akhir foto-foto dengan pewarnaan manual seperti ini biasanya pada bagian bawah foto ada tertera tanda tangan dari fotografer sekaligus pelukis bersangkutan tetapi ada juga beberapa foto yang tidak ditandatangani.

Ukuran dari masing-masing foto ini berukuran besar, yaitu kurang lebih untuk panjangnya 62cm dan lebar 47cm. Untuk ketebalan framenya yang terbuat dari bahan kayu berkisar 1,5cm dibagian sisi luarnya dan dibagian dalam list kacanya berkisar 2,5cm. Kaca untuk foto-foto seperti ini biasanya kebanyakan berbentuk cembung dan untuk era sekarang jarang diproduksi lagi atau bahkan tidak diproduksi kembali.

Antik, Unik dan Langka menarik utuk dijadikan barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar