Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 Februari 2018

Antique PTT GPO Candlestick Telephone - England Circa 1930









Antique PTT GPO Candlestick Telephone - England Circa 1930

Telephone ini biasa disebut dengan nama Candlestick Telephone, karena mungkin bentuk tiang telephonenya seperti tiang lilin atau tempat lilin. Mulai digunakan pada tahun 1890 s/d 1940. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan merk telephone ini adalah GPO (General Post Office) buatan Inggris. Produksi sekitar tahun 1930 sesuai dengan marking no. seri telephone tersebut, seperti pada gambar dibawah ini:

PL '30 adalah menunjukkan tahun diproduksi


No. 150 adalah merupakan type seri telephone tersebut


Pada bagian earphone dan bagian bawah telephone (gb.5 dan gb.7) terdapat tulisan PTT (Post Telephone Telegraph) yang adalah sebuah perusahaan negara pada masa itu. Hal tersebut menunjukkan bahwa telephone ini adalah merupakan salah satu peninggalan sejarah bangsa Indonesia pada masa kolonial Belanda.

Berikut adalah sekilas sejarah PTT (Post Telephone Telegraph) :


Pada tahun 1906, pos di Indonesia pun akhirnya berubah menjadi Posts Telegraafend Telefoon Dienst atau Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon (PTT). Layanan pos yang awalnya berpusat di Welrevender (Gambir) juga berpindah ke Dinas Pekerjaan Umum atau Burgerlijke Openbare Werker (BOW) di Bandung pada tahun 1923. Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia, Jawatan PTT dikuasai oleh militer Jepang. Angkatan Muda PTT (AMPTT) mengambil alih kekuasaan Jawatan PTT tersebut dan kemudian secara resmi berubah menjadi Jawatan PTT Republik Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 27 September 1945. Hari itu pun diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.

Telephone seperti ini tentu jarang ada atau sulit didapat karena langka keberadaannya, terlebih telephone ini adalah salah satu peninggalan sejarah yang sangat layak untuk dikoleksi. Kondisi fisik masih baik, lengkap dan original. Telephone masih dapat digunakan alias berfungsi normal. Bell pada telephone berbunyi berderik pada saat panggilan masuk. Bahan terbuat dari beberapa material, yaitu besi, kuningan, dan bakelit.

Antik dan Langka, menarik untuk dijadikan barang koleksi.

Harga : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar