Total Tayangan Halaman

Senin, 19 Oktober 2020

Patung Buddha Meditasi dan Tertawa











Patung Buddha Meditasi dan Tertawa 

Patung Buddha ini terbuat dari bahan horn dan softstone. Kondisi masih sangat baik dan layak pajang. Memiliki tinggi masing-masing lebih kurang 10cm dan 5,5cm. Berdasarkan informasi patung tersebut memiliki makna tersendiri.

1. Meditating Buddha

Pose meditating Buddha ini paling banyak ditemukan di altar Buddha di rumah-rumah. Buddha dalam posisi duduk dengan kedua tangan dalam posisi meditasi yang disebut Mudra Kosmik. Kedua tangan saling tumpang tindih. Tangan kiri ditempatkan diatas tangan kanan, dengan ujung ibu jari saling menyerntuh membuat bentuk oval yang melambangkan refleksi.

Patung Buddha pose meditating seperti ini harus dihadapkan ke arah Timur, karena Buddha bermeditasi pada Matahari terbit untuk mencari pencerahan.

2. Laughing Buddha

Patung laughing Budhha adalah patung yang paling best seller dari semua pose patung Buddha. Pose ini dipercaya membawa keberuntungan, kemakmuran atau kelimpahan. Pose ini menggambarkan Buddha sebagai pribadi yang sangat bahagia, dan perut besarnya menyimbolkan hidup yang berkelimpahan berkat.

Saya mendapatkan barang ini bersama dengan barang lainnya dalam lemari yang terkunci tidak dapat terbuka, dari sebuah rumah tua di Jakarta dari keluarga Majoor Batavia ke - 4. Lemari terkunci karena disimpan oleh kakeknya, hingga wafat tidak diketahui oleh anak dan cucunya dimana kunci disimpan.


Posisi lemari saat masih dilokasi dan dalam kondisi terkunci

Berdasarkan informasi dari cucu pemilik barang tersebut yang telah berusia 80 tahun lebih, menceritakan ini dahulu adalah koleksi dari engkong atau kakeknya Teo Tek Kang yang lahir pada tahun 1866, yang tidak lain adalah adik dari Tio Tek Ho Majoor Batavia ke -4. Patung dengan ukuran kecil ini dikoleksi diperkirakan pada akhir tahun 1800an, atau awal tahun 1900an.

Antik, Unik dan Langka. Menarik untuk dijadikan barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar