Total Tayangan Halaman

Jumat, 30 September 2011

Oriental RA Clock - DRGM Germany








Oriental RA Clock - DRGM Germany


Jam yang menggunakan mesin DRGM buatan Jerman ini masih berfungsi, memiliki Tinggi 72cm, Lebar Muka 28, Lebar  Samping 13cm dan Diameter Jam 15cm, produksi diperkirakan pada akhir 1800an s/d awal 1900an, pada permukaan Jam terdapat nama orang "Tan Liong Tik" nama daerah dan kota dengan ejaan lama "Songoyoedan, Soerabaia", plat pada permukaan Jam terbuat dari bahan porcelein/enamel dan kondisi masih sangat mulus tidak ada retak ataupun cuil. 

Saya menyebutnya Jam RA Oriental, karena bentuknya tidak biasa pada umumnya, dimana bentuk casing pada Jam tersebut bernuansa oriental, kemungkinan pada masa itu Jam ini adalah pesanan orang keturunan Tionghoa yang bernama "Tan Liong Tik" sehingga bentuknya kemungkinan disesuaikan dengan pesanannya, karena pada masa itu memang sangat memungkinkan memesan Jam seperti itu.

Jam RA yang bertuliskan sesuatu pada platnya entah itu nama perusahaan atau nama orang biasanya paling digemari oleh kebanyakan orang atau kolektor pada saat ini, karena Jam tersebut memiliki history tersendiri jika kita memilikinya, terlebih jika ditambah dengan design casing pada Jam yang menarik. Jam seperti ini masih jarang ditemukan, unik dan menarik untuk dikoleksi.

Berikut adalah tambahan informasi mengenai tahun pembuatan untuk marking DRGM dan DRP :




Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar