Total Tayangan Halaman

Sabtu, 09 Agustus 2014

Antique AARDGLOBE J.B. Wolters Circa 1915











Antique AARDGLOBE J.B. Wolters Circa 1915

Globe dengan ukuran kecil ini memiliki dimensi kurang lebih  16cm x 16cm dengan diameter 9cm, produksi J.B. Wolters, Den Haag, Belanda sekitar tahun 1910 - 1915. Bahan terbuat dari plat besi dan bola dunia terbuat dari bahan bakelit. Kondisi masih baik, original dan sangat layak koleksi. Pada globe terdapat marking AARDGLOBE door C.L. van BALEN., J.B. Wolters, Groningen, Den Haag., seperti tampak terlihat pada gambar terakhir diatas.

Pada Globe terdapat 12 gores dan 2 calottes kutub, khatulistiwa dan Greenwich meridian lulus dalam derajat, ekliptika lulus dalam derajat 0-360, dan terdapat tanda-tanda untuk rumah zodiak, gambar benua dengan berbagai warna, dan juga nama-nama bulan dan tempat dalam bahasa Belanda dan Ejaan van Ophuijsen (Bahasa Indonesia Ejaan Lama sebelum tahun 1947) untuk nama kota di Indonesia seperti "Soerabaja" sekarang "Surabaya", dan pada Globe ada juga terdapat sebutan nama kota "Jakarta" tempo dulu "Batavia".

Pada dasarnya bola dunia ini diciptakan sebagai perangkat pendidikan bagi mahasiswa Belanda untuk belajar geografi dan astronomi. Hal ini dikreditkan dalam cartouche ke C.L. van Balen, yang menulis buku tentang matematika dan geografi dan cetakan atlas sekolah Belanda utama yang digunakan selama beberapa dekade pada paruh pertama abad ke-20. Bola dunia dan sekolah atlas yang diterbitkan oleh J.B. Wolters, yang didirikan di Groningen pada tahun 1836 sebagai Schoolbook Publishing House; seperti namanya, itu adalah sebagai publisher materi pendidikan dan pengajaran. Selama beberapa dekade berikutnya, J.B. Wolters menjadi produsen utama buku pelajaran dan bahan akademis, membuka cabang di Den Haag pada tahun 1915 dan di Jakarta, Indonesia, pada tahun 1920 perusahaan tersebut masih ada saat ini sebagai Wolters Kluwer NV, publisher Belanda kedua terbesar.

Berikut beberapa informasi dari bola dunia tersebut :

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan Globe ini tergolong langka, dan sempat masuk pada lelang Christie's pada 5 November 2003, dimana terjual dengan harga 470 Poudsterling atau 791 USD pada saat itu. 



Seperti tercantum pada web bersangkutan berikut ini :

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Koleksi Pribadi (Berhubung ada yang minat dengan amat serius, akhirnya barang kesayangan saya yang satu ini saya lepas juga kepada Ibu T - Boyolali.....thanks a lot...) SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar