Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 Agustus 2014

Antique Batavia Map Circa 1750










Antique Batavia Map Circa 1750

Penerbit Peta ini adalah Jacques Nicolas Bellin (1703- 21 Maret 1772) merupakan Royal Hidrograf, insinyur dari Angkatan laut Perancis dan Anggota Royal Society. Pada bagian bawah Peta sebelah kiri terdapat tulisan Dheulland Sclup, dan bagian kanan terdapat tulisan Teme. VIII. No.7. Merupakan Peta abad ke-18 yang cukup langka, dimana gambar dibuat dengan tangan, gambar berwarna, dan kemudian dicetak dengan proses "Tembaga Plate Engraving". 

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan :

Jakarta telah dikenal dengan beberapa nama dalam sejarah, seperti : Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia (sebagai ibu kota Hindia Belanda), Djakarta, dan terakhir Jakarta. Sejarah Jakarta dimulai tercatat pertama kali sebagai pemukiman pelabuhan Hindu di abad ke-4. Kota ini banyak diklaim sebagai Kerajaan Indianized Tarumanegara, Kerajaan Hindu Sunda, Kesultanan Muslim Banten, Hindia Belanda, Kekaisaran Jepang, dan akhirnya Indonesia.

Beberapa Peta dengan berbagai ukuran serupa seperti ini terdapat juga di Museum Arsip Jakarta :





Peta ini memiliki ukuran lebih kurang 28,5cm x 20,5cm, dengan ukuran frame 39cm x 31cm, kondisi masih cukup baik, terdapat bekas lipatan dan ada bagian warna yang berbeda pada bagian kanan Peta. Berdasarkan informasi pemiliknya terdahulu yang mantan Pejabat BI, Peta tersebut memang didapatkan awalnya ditoko antik di Negara Belanda sekitar tahun 1980an dengan kondisi seperti demikian. 

Kemungkinan bagian kanan pada Peta sempat tertindih atau tertutup sebagian dengan benda lain, sehingga dari proses berjalannya waktu warna menjadi berbeda dengan bagian yang tidak tertindih atau tertutup. Kondisi seperti ini menurut saya masih layak koleksi dan menarik untuk menghiasi dinding ruang kerja dirumah anda.

Antik, Unik dan Langka menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar