Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 Agustus 2014

Antique Santa Balancing Toy









Antique Santa Balancing Toy

Mainan keseimbangan ini biasa dikenal dengan Balance Toy atau ada sebagian yang menyebutnya dengan Pendulum Toy. Bahan terbuat dari besi dan pendulum (gambar diatas yang diberi tanda anak panah berwarna merah) terbuat dari bahan timah. 

Kondisi masih baik, original, lengkap dan layak koleksi. Memiliki ukuran tinggi keseluruhan 46,5cm, tinggi tiang penyangga 26,5cm, untuk santa, kereta dan rusanya keseluruhan memiliki ukuran panjang 33cm, lebar 20cm dan ketebalan 1,5cm. Pada saat bergerak tangan santa, boneka dibelakang kereta dan kepala rusa ikut bergerak. 

Sebagian besar dari kita penggemar barang antik atau atau mainan lawas pastilah pernah melihat barang seperti ini. Namun perlu diketahui sebagian besar yang beredar pada saat ini menurut pengamatan dan pengalaman saya dilapangan adalah mainan tersebut banyak yang buatan baru alias reproduksi ulang. Jadi bagi penggemar yang mementingkan keaslian barang perlu mengetahui terlebih dahulu ciri khusus dari mainan keseimbangan tersebut. 

Untuk mainan keseimbangan yang asli biasanya pendulumnya terbuat dari bahan timah bukan dari bahan besi. Ciri lainnya pastilah dapat dilihat dari bentuk fisik dari mainan tersebut. Pembuatannya masih sangat manual dibuat dengan tangan atau hand made.

Mainan keseimbangan mulai populer sekitar tahun 1800an atau abad ke-19. Melihat dari peradaban Cina Kuno dan India, mainan tersebut biasa ditemukan terbuat dari bahan kayu lunak karena dapat dengan mudah dibentuk. 

Untuk dibagian daerah Eropa dan Amerika kebanyakan mainan ini dibuat dari bahan timah atau besi. Ilustrasi mainan keseimbangan dapat ditemukan dari literatur pendidikan dari abad ke-18 atau sekitar tahun 1700an.

Unik dan Menarik untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar