Total Tayangan Halaman

Senin, 17 Juni 2019

Foto Keluarga Cina Peranakan Era Ned Indie Circa Early 1900






Foto Keluarga Cina Peranakan Era Ned Indie Circa Early 1900

Foto ini adalah asli bukan repro dan dibuat pada masa kolonial Belanda yang berlokasi di studio foto "N. V. CHARLS & van ES & Co" Ned Indie (Indonesia saat ini). Pada foto tersebut tampak beberapa pria dengan pakaian jas dan celana panjang serta kumis ala meneer Belanda pada masa itu, dan beberapa anak serta wanita yang mengenakan busana long dress dan kebaya Peranakan. Foto dan frame adalah bawaan dari awal dengan ukuran foto 21cm x 15cm (belum termasuk ukuran mat board), dan ukuran frame 33cm x 25cm.

Saya tertarik menyimpan foto ini sebagai koleksi, karena pada foto terdapat nama studio dan sebutan nama negara pada masa kolonial Belanda. Disamping itu juga pada foto menggambarkan busana yang sudah menjadi ciri budaya Cina peranakan pada masa kolonial Belanda.

Pada masa itu etnis Cina, Eropa dan Jawa berbaur sehingga sangat mempengaruhi cara berpakaian yang dikenakan. Seperti jas, long dress, dan kebaya. Dimana busana tersebut pada masa itu jarang dikenakan oleh etnis Cina di daerah asalnya.

Keterangan : Private Collection - Sold to Collectors (Thanks Bpk. LO - Jkt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar