Total Tayangan Halaman

Senin, 17 Juni 2019

Foto Pakubuwana X dan Istri












Foto Pakubuwana X dan Istri

Foto ini adalah foto asli Pakubuwana X dengan istri pertama bernama Bandara Raden Ajeng Sumarti (puteri Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati Mangkunegara IV),  dan istri kedua bernama Gusti Raden Ayu Mursudarinah (puteri dalem Sri Sultan Hamengku Buwono VII).

Khusus foto sepasang Pakubuwono X dan istri kedua, tekstur gambar foto mirip seperti lukisan, dimana biasa dikenal dengan sebutan foto Conte. Untuk foto istri pertama terdapat nama studio foto dan nama kota "Charls & Co Semarang". Pada bagian belakang foto tersebut terdapat tulisan akasara jawa dan nama kota "Batavia" dan tahun "1893". Diperkirakan foto tersebut diambil pada tahun 1893 dan dicetak di kota Batavia pada tahun tersebut.

Untuk foto Pakubuwono X dan istri kedua, frame foto dan mat board bukan bawaannya (bukan barang lama), tetapi untuk logo Kraton pada frame bagian atas adalah asli barang lama. Untuk foto istri pertama Pakubowono X, frame foto dan mat board adalah asli bawaannya. Ukuran foto Pakubuwono X dan istri kedua adalah lebih kurang 14cm x 9cm dan frame ukuran 51,5cm x 39cm. Untuk ukuran foto istri pertama 16,5cm x 11cm dan frame ukuran 19cm x 13,5cm.


Berikut adalah sejarah singkat Pakubuwana X :

Masa pemerintahan Pakubuwana X ditandai dengan kemegahan tradisi dan suasana politik kerajaan yang stabil.

Pada masa pemerintahannya yang cukup panjang, Kasunanan Surakarta mengalami transisi, dari kerajaan tradisional menuju era modern, sejalan dengan perubahan politik di Hindia Belanda. Meskipun berada dalam tekanan politik pemerintah kolonial Hindia Belanda, Pakubuwana X memberikan kebebasan berorganisasi dan penerbitan media massa. Ia mendukung pendirian organisasi Sarekat Islam, salah satu organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia.

Kongres Bahasa Indonesia I di Surakarta (1938) diadakan pada masa pemerintahannya. Infrastruktur modern kota Surakarta banyak dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwana X, seperti bangunan Pasar Gede, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo-Kota (Sangkrah), Stadion Sriwedari, kebun binatang (Taman Satwataru) Jurug, Jembatan Jurug yang melintasi Bengawan Solo di timur kota, Taman Balekambang, gapura-gapura di batas Kota Surakarta, rumah pemotongan hewan ternak di Jagalan, rumah singgah bagi tunawisma, dan rumah perabuan (pembakaran jenazah) bagi warga Tionghoa.

Dia meninggal dunia pada tanggal 22 Februari 1939. Ia disebut sebagai Sunan Panutup atau raja besar Surakarta yang terakhir oleh rakyatnya. Pemerintahannya kemudian digantikan oleh putranya yang bergelar Sri Susuhunan Pakubuwana XI.

Pada buku Keraton Kasunanan yang saya miliki ini terdapat foto istri pertama Pakubuwana X yang dikoleksi oleh pihak KITLV Belanda. Perbedaan pada foto dengan foto koleksi pribadi saya hanya pakaian yang dikenakannya saja. Untuk property dan background yang digunakan sama dengan foto yang saya miliki.




Foto istri pertama Pakubuwana X koleksi KITLV Belanda

Foto istri kedua Pakubuwana X dan putrinya
Gusti Raden Ayu Sekar Kadhaton Kustiyah.


Semua foto tersebut diatas layak menjadi barang koleksi dan sekaligus bukti sejarah masa kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta saat kepemimpinan Sri Susuhunan Pakubuwana X yang memerintah pada tahun 1893 s/d 1939 (lahir 29 November 1866 dan wafat 22 Februari 1939).

Keterangan : Private Collection - Sold to Collectors (Thanks Bpk. Fr - Bks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar