Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Januari 2014

Jam Dinding FIAG "Toko Naripan - Bandoeng"





















Jam Dinding FIAG "Toko Naripan - Bandoeng"

Jam Dinding buatan Jerman ini memiliki ukuran permukaan plat atau dial kurang lebih berdiameter 20cm, untuk box pada Jam memiliki ukuran kurang lebih tinggi 78cm (sampai dengan mahkota pada bagian atas), lebar 33,5cm dan lebar samping 17cm. 

Kondisi Jam masih original, mesin pada Jam masih berfungsi dengan baik, kondisi fisik secara umum masih tergolong baik, dan seluruh komponen masih lengkap dan original. 

Jam yang memiliki 3 lubang dengan 8 senar ini kemungkinan diproduksi sekitar tahun 1940an, memiliki bunyi dentangan Westminster yang terdengar keras dan menggema, berbunyi setiap jam, setengah jam dan seperempat jam (biasa dikenal dengan nama Jam Perempatan).

Kelebihan dari Jam ini pada box bagian bawah terdapat marking plat nama Toko yaitu "Naripan" dan nama kota yang masih menggunakan Ejaan Lama "Bandoeng".

Untuk Jam dengan kondisi seperti ini tentulah sangat jarang ditemukan karena Jam ini pada masa itu merupakan pesanan khusus toko bersangkutan yang tentunya jumlahnya tidak banyak, sehingga keberadaannya menjadi langka, dan yang menariknya lagi Jam ini sangat sarat dengan sejarah peninggalan masa lalu dijaman Kolonial Belanda, menarik dan layak untuk menjadi barang koleksi.

Keterangan : Ex Koleksi Pribadi - SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar