Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 Januari 2014

Sejarah "His Master Voice"

"His Master Voice" awalnya adalah nama sebuah judul lukisan karya seniman yang berasal dari Inggris bernama Francis Barraud yang mulai dibuat pada tahun 1898. Judul lukisan tersebut diberikan nama "Dog looking at and listening to a Phonograph" pada tanggal 11 February 1899. Setelah itu Francis Barraud memutuskan untuk mengubah judul nama lukisan tersebut menjadi "His Master Voice", dan kemudian menawarkan hasil lukisannya kepada Royal Academy namun ditolak, berikutnya kepada The Edison Bell Company, produsen silinder Phonograph terkemuka, namun hasilnya tetap sama tidak berhasil.

Original Nipper
"Dog looking at and listening to a Phonograph"


Francis Barraud mendapat saran agar mengecat corong pada lukisannya dari warna hitam menjadi warna emas, diharapkan akan lebih baik hasilnya untuk penjualan. Pada musim panas tahun 1899 Francis mengunjungi 31 Maiden Lane, rumah dari Gramaphone Company yang baru dibentuk untuk meminjam corong dari bahan kuningan.


Francis Barraud


Awal dari Francis Barraud melukis seekor anjing yang sedang mendengarkan Phonograph tersebut karena teringat pada anjing milik Mark Barraud saudaranya yang diberi nama "Nipper", dimana julukan nama tersebut diberikan karena kebiasaannya menggigit kaki belakang dari setiap tamu yang datang berkunjung. Mark Barraud meninggal pada tahun 1887 dan kemudian "Nipper" dibawa oleh Francis Barraud saudara dari Mark Barraud ke Liverpool di Lanchasire - Inggris.

Anjing "Nipper" lahir di Bristol - Gloucester - Inggris pada tahun 1884, di Liverpool "Nipper" menemukan Phonograph, rekaman silinder dan bermain mesin tersebut, dan kadang terlihat bingung mencari suara rekaman suara majikannya Mark Barraud. Walaupun bukan berasal dari ras serigala bull terrier "Nipper" terlihat seperti bull terier dalam dirinya, ia tidak ragu-ragu untuk mengajak anjing lain berkelahi, senang mengejar tikus dan burung-burung di Richmond Park.

"Nipper" meninggal pada September 1895, setelah kembali dari Liverpool, hidup dipelihara oleh istri dari Mark Barraud di Kingston Thames - Surrey - Inggris. Setelah tiga tahun "Nipper" meninggal Francis Barraud berkomitmen untuk melukisnya pada Kanvas.

Pada 15 September 1899, The Gramaphone Company mengirim Francis Barraud surat yang berisikan tawaran resmi untuk lukisan yang dibuatnya. Francis Barraud dibayar 50 Poundsterling untuk lukisannya dan 50 Poundsterling untuk hak cipta penuh. Kesepakatan itu akhirnya dikonfirmasi pada 4 Oktober 1899 ketika perwakilan dari The Gramaphone Company melihat lukisan diubah untuk pertama kalinya.

"His Master Voice"


Lukisan ini tampil pertama kali dipublik pada literatur iklan The Gramaphone Company pada bulan Januari 1900, dan pada tahun 1900 itu juga Emile Berliner penemu Gramaphone di Amerika Serikat, yang lahir di Jerman meminta Barry Owen untuk menggunakan hak cipta dari "His Master Voice" untuk Amerika. Owen setuju, seperti yang pernah ia lakukan juga pada tahun 1904 atas permintaan serupa dari Jepang. 

Atas permintaan Emile Berliner, hak Amerika untuk gambar atau lukisan tersebut menjadi milik Victor Talking Machine Company. Victor menggunakan gambar atau lukisan tersebut lebih agresif dari patnernya Inggris. Dari tahun 1902 Victor menggunakan gambar atau lukisan tersebut pada seluruh label produksinya. The Gramaphone Company tidak menggunakan design gambar ini pada label rekamannya sampai 1909. Pada tahun 1910 The Gramaphone Comany mengganti merek dagang rekamannya dengan gambar yang dilukis oleh Francis Barraud. Lukisan dengan nama "His Master Voice" tersebut akhirnya terdaftar sebagai merk dagang pada tahun 1910.

* Tulisan ini saya dapatkan dari berbagai sumber informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar